MAKNA SIMBOLIK GERAK PAKARENA IYOLLE DI DUSUN LOMPOKITI DESA KAMPILI KABUPATEN GOWA

Main Author: Syarifah, Syarifah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19392/1/JURNAL%20RINA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19392/
ctrlnum 19392
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19392/</relation><title>MAKNA SIMBOLIK GERAK PAKARENA IYOLLE DI DUSUN LOMPOKITI DESA &#xD; KAMPILI KABUPATEN GOWA</title><creator>Syarifah, Syarifah</creator><subject>Seni Tari</subject><description>ABSTRAK&#xD; Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. &#xD; Objek penelitian adalah makna simbolik gerak Pakarena Iyolle. Teknik pengumpulan data &#xD; menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penelitian &#xD; ini dilaksanakan pada bulan Oktober, subjek penelitian ini adalah Bapak Ibrahim selaku &#xD; pemain musik tari Pakarena Iyolle dan Kak Jumriana selaku penari tari Pakarena Iyolle. &#xD; Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk menguji kebahasaan &#xD; data menggunakan triangulasi.Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat simbol dalam ragam &#xD; gerak antara lain, (a) ragam gerak &#x201C;mappalappe kipasa&#x201D; memiliki simbol gerak yang dimana yaitu penari memegang kipas dan kepala sedikit menunduk, (b) ragam gerak &#x201C;patongko&#x201D; &#xD; yang memiliki simbol gerak yaitu posisi penari membungkuk dan memegang kipas, (c) &#xD; ragam gerak &#x201C;appakaramula gio&#x201D; yang memiliki simbol gerak yaitu memegang kipas dan &#xD; posisi penari agak menunduk yang dimana penari bersiap-siap untuk duduk, (d) ragam gerak &#xD; &#x201C;pamempo&#x201D; yang memiliki simbol gerak duduk dan penari melalukan sentuhan jari yang &#xD; dimana, (e) ragam gerak &#x201C;akkarena selendang&#x201D; yang memiliki simbol gerak yaitu seperti &#xD; dengan arah jarum jam atau bisa disebut dengan gerakan berputar (2) makna simbolik ragam &#xD; gerak Pakarena Iyolle yaitu (a) ragam gerak &#x201C;mappalappe kipasa&#x201D; yang memiliki makna &#xD; yaitu kelembutan dan kehalusan seorang wanita terutama patuh terhadap suami, (b) ragam &#xD; gerak &#x201C;patongko&#x201D; yang memiliki makna yaitu kehormatan dan patuh terhadap orang yang &#xD; lebih tua terutama terhadap orang tua dan suami, dan dapat juga di maknai bahwa kehidupan &#xD; manusia akan dibuka dan akan berakhir dengan ketenangan dan keindahan, (c) ragam gerak &#xD; &#x201C;appakaramula gio&#x201D; yang memiliki makna yaitu siklus kehidupan manusia akan dibuka &#xD; dengan keindahan, (d) ragam gerak &#x201C;pamempo&#x201D; yang memiliki makna yaitu rasa hormat dan &#xD; Si&#x2019;ri kepada orang yang lebih tua terutama kepada orang tua, dan dapat juga disimbolkan &#xD; ketenangan gerak seperti dengan simbol kehidupan yang akan mengalun seperti air, dan dapat &#xD; juga dimaknai kekerabatan seorang perempuan dalam bersosialisasi dalam bermasyarakat dan &#xD; keramahan perempuan terhadap suami dan anaknya, (e) ragam gerak &#x201C;akkarena selendang&#x201D; &#xD; yang memiliki makna yaitu siklus kehidupan manusia khususnya masyarakat Makassar terus &#xD; berputar layaknya seperti jarum jam dan layaknya juga kehidupan manusia sempurna dan &#xD; sempurna tanpa ada celah atau lubang.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19392/1/JURNAL%20RINA.pdf</identifier><identifier> Syarifah, Syarifah (2020) MAKNA SIMBOLIK GERAK PAKARENA IYOLLE DI DUSUN LOMPOKITI DESA KAMPILI KABUPATEN GOWA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain. </identifier><recordID>19392</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syarifah, Syarifah
title MAKNA SIMBOLIK GERAK PAKARENA IYOLLE DI DUSUN LOMPOKITI DESA KAMPILI KABUPATEN GOWA
publishDate 2020
topic Seni Tari
url http://eprints.unm.ac.id/19392/1/JURNAL%20RINA.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19392/
contents ABSTRAK Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Objek penelitian adalah makna simbolik gerak Pakarena Iyolle. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi langsung, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober, subjek penelitian ini adalah Bapak Ibrahim selaku pemain musik tari Pakarena Iyolle dan Kak Jumriana selaku penari tari Pakarena Iyolle. Teknik analisi data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Untuk menguji kebahasaan data menggunakan triangulasi.Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat simbol dalam ragam gerak antara lain, (a) ragam gerak “mappalappe kipasa” memiliki simbol gerak yang dimana yaitu penari memegang kipas dan kepala sedikit menunduk, (b) ragam gerak “patongko” yang memiliki simbol gerak yaitu posisi penari membungkuk dan memegang kipas, (c) ragam gerak “appakaramula gio” yang memiliki simbol gerak yaitu memegang kipas dan posisi penari agak menunduk yang dimana penari bersiap-siap untuk duduk, (d) ragam gerak “pamempo” yang memiliki simbol gerak duduk dan penari melalukan sentuhan jari yang dimana, (e) ragam gerak “akkarena selendang” yang memiliki simbol gerak yaitu seperti dengan arah jarum jam atau bisa disebut dengan gerakan berputar (2) makna simbolik ragam gerak Pakarena Iyolle yaitu (a) ragam gerak “mappalappe kipasa” yang memiliki makna yaitu kelembutan dan kehalusan seorang wanita terutama patuh terhadap suami, (b) ragam gerak “patongko” yang memiliki makna yaitu kehormatan dan patuh terhadap orang yang lebih tua terutama terhadap orang tua dan suami, dan dapat juga di maknai bahwa kehidupan manusia akan dibuka dan akan berakhir dengan ketenangan dan keindahan, (c) ragam gerak “appakaramula gio” yang memiliki makna yaitu siklus kehidupan manusia akan dibuka dengan keindahan, (d) ragam gerak “pamempo” yang memiliki makna yaitu rasa hormat dan Si’ri kepada orang yang lebih tua terutama kepada orang tua, dan dapat juga disimbolkan ketenangan gerak seperti dengan simbol kehidupan yang akan mengalun seperti air, dan dapat juga dimaknai kekerabatan seorang perempuan dalam bersosialisasi dalam bermasyarakat dan keramahan perempuan terhadap suami dan anaknya, (e) ragam gerak “akkarena selendang” yang memiliki makna yaitu siklus kehidupan manusia khususnya masyarakat Makassar terus berputar layaknya seperti jarum jam dan layaknya juga kehidupan manusia sempurna dan sempurna tanpa ada celah atau lubang.
id IOS3399.19392
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:46Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:46Z
recordtype dc
_version_ 1764483843878813696
score 17.538404