Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang

Main Author: Arifin, Arifin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/1936/1/Arifin.docx
http://eprints.unm.ac.id/1936/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Arifin. 2014. “Keefektifan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam Pembelajaran Menulis Paragraf Deskriftif Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang”. Skripsi. Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Azis). Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, (2) mendeskripsikan kompetensi siswa dalam menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang, dan (3) membuktikan keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) dalam pembelajaran mParagraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang. Populasi adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang yang berjumlah 317 orang yang terbagi ke dalam sepuluh kelas. Penarikan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simpel random sampling. Pengumpulan data untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan menggunakan tes menulis paragraf deskriptif. Teknik analisis data dengan menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata kemampuan siswa pada keterampilan menulis paragraf deskriptif dengan mengunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) adalah 81,63, (2) nilai rata-rata keterampilan menulis paragraf deskriptif melalui penerapan model pembelajaran konvensional adalah 33,13, dan (3) Hasil penelitian menunjukkan thitung sebesar 2,64 lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5% yaitu 2,04. Oleh karena thitung lebih besar daripada ttabel pada taraf signifikan 5%, maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (H1) yang diterima. Dengan demikian, penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achievement Devisions) efektif diterapkan dalam pemebelajaran menulis paragraf deskriptif siswa kelas X SMA Negeri 1 Alla Kabupaten Enrekang.