Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Kelas XII IPA1 SMA Negeri 4 Parepare

Main Author: Pratama, Andysar Rahmat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/1935/1/Andysar%20Rahmat%2C%20pratama.docx
http://eprints.unm.ac.id/1935/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Andysar Rahmat Pratama. 2013. “Peningkatan Keterampilan Berbicara dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray Kelas XII IPA1 SMA Negeri 4 Parepare.”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Unversitas Negeri Makassar (dibimbing Achmad Tolla dan Sulastriningsi Djumingin). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam menyampaikan gagasan dan tanggapan siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 4 Parepare, (2) hasil pembelajaran dengan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray yang dapat meningkatkan keterampilan berbicara dalam menyampaikan gagasan dan tanggapan siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 4 Parepare. Penelitian ini bersifat tindakan kelas yang dilaksanakan secara bersiklus. Subjek dalam penelitian ini adalah guru sebanyak 1 orang dan siswa kelas XII IPA-1 SMA Negeri 4 Parepare yang berjumlah 33 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray dapat meningkatkan pembelajaran keterampilan berdiskusi dalam menyampaikan gagasan dan tanggapan pada tahap proses dan hasil pembelajaran. Peningkatan hasil tes siklus I ke siklus II sebesar 9.46. Pada siklus I, nilai rata-rata yang diperoleh siswa sebesar 67.95 sedangkan pada siklus II, hasil yang dicapai sebesar 77.41. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti menyarankan agar guru kelas XII IPA-1 SMA Negeri 4 Parepare dapat mengarahkan dan memberikan motivasi kepada siswa untuk mengoptimalkan kemampuannya dalam berbicara terkhususnya menyampaikan gagasan dan tanggapan dalam diskusi. Kata kunci : berbicara, tanggapan, gagasan, dan model pembelajaran kooperatif tipe Two Stay Two Stray