PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI SISWA KELAS VII SMPN 1 BULUKUMBA

Main Author: Murhadi, Wahyudin
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19342/1/4.%20ARTIKEL%20TESIS%20A%20WAHYUDIN%20MURHADI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19342/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment. Jenis eksperimen yang digunakan adalah Pretest Posttest Non-Equivalent Control Group Design yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA Biologi siswa kelas VII SMPN 1 Bulukumba. Variabel bebas dalam penelitian ini model pembelajaran inkuiri terbimbing, sedangkan variabel terikatnya adalah kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar IPA Biologi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rombel siswa kelas VII SMPN 1 Bulukumba, sedangkan sampelnya yakni kelas VII1 (kelas eksperimen) dan kelas VII2 (kelas control) yang diambil dengan menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah (1) kemampuan berpikir kritis berupa soal Essay sebanyak 5 nomor dan (2) tes hasil belajar sebanyak 20 nomor. Data dianalisis dengan teknik statistik deskriptif dan teknik statistik inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh (i) terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan berpikir kritis siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode konvensional dengan nilai sig. 0,001 lebih kecil dari α = 0,05; (ii) terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan metode konvensional dengan nilai sig. 0,001 lebih kecil dari α = 0,05. Kata Kunci: Model Inkuiri Terbimbing, Keterampilan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar