KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN WORD SQUARE DALAM PENGUASAAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MAN 1 MAKASSAR

Main Author: Wulandari, Lifya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19341/1/ARTIKEL%20LIFYA%20WULANDARI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19341/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK LIFYA WULANDARI. 2020. “Keefektifan Media Permainan Word Square dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI MAN 1 Makassar”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Jurusan Pendidikan Bahasa Asing. Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Burhanuddin dan Ambo dalle). Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang penguasaan kosakata bahasa Jerman menggunakan media permainan Word Square siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Makassar yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 197 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas sebagai berikut: kelas XI MIA 1 dengan 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 dengan 40 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih secara acak (Random Sampling). Data penelitian ini diperoleh melalui tes permainan Word Square dengan tema die Familie. Data dianalisis dengan uji-t. hasil analisis data menunjukkan thitung 2.25>〖 t〗_(tabel )1.994 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan Word Square efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Kata Kunci: Keefektifan, Word Square, Kosakata, Bahasa Jerman