KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN WORD SQUARE DALAM PENGUASAAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI MAN 1 MAKASSAR
Main Authors: | Wulandari, Lifya, Burhanuddin, Burhanuddin, Dalle, Ambo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19298/1/ARTIKEL%20LIFYA%20WULANDARI.pdf http://eprints.unm.ac.id/19298/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilakukan untuk memeroleh data dan informasi tentang penguasaan kosakata bahasa Jerman menggunakan media permainan Word Square siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIA MAN 1 Makassar yang terdiri atas 5 kelas dengan jumlah keseluruhan 197 orang. Sampel penelitian ini terdiri dari dua kelas sebagai berikut: kelas XI MIA 1 dengan 40 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 dengan 40 siswa sebagai kelas kontrol. Sampel dipilih secara acak (Random Sampling). Data penelitian ini diperoleh melalui tes permainan Word Square dengan tema die Familie. Data dianalisis dengan uji-t. hasil analisis data menunjukkan thitung 2.25> ttabel 1.994 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media permainan Word Square efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI MAN 1 Makassar. Kata Kunci: Keefektifan, Word Square, Kosakata, Bahasa Jerman