PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI MIA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR

Main Author: Nasrun, Nurasmila
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19293/1/Artikel%20Nurasmila%20Nasrun%201614042026.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19293/
Daftar Isi:
  • PROFIL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA KELAS XI MIA PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA NEGERI SE-KECAMATAN BIRINGKANAYA KOTA MAKASSAR 1) 2) 3) Nurasmila Nasrun, Muhiddin Pallenari, Hamka Lodang 1) Mahasiswa Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar 2) 3) Dosen Jurusan Biologi, Universitas Negeri Makassar, Kota Makassar 1) 2) 3) e-mail: nurasmilanasrun@gmail.com muhiddin.p@unm.ac.id hamkalodang62@gmail.com ABSTRAK Keterampilan berpikir tingkat tinggi meliputi keterampilan menggunakan logika dan penalaran, menganalisis, mengevaluasi, mencipta, pemecahan masalah, dan pengambilan keputusan. Keterampilan berpikir tingkat tinggi dalam penelitian ini meliputi keterampilan menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) sesuai dengan Taksonomi Bloom revisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui profil keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa kelas XI pada pembelajaran biologi materi sistem koordinasi di SMA Negeri se-Kecamatan Biringkanaya Kota Makassar yang meliputi SMAN 07 Makassar, SMAN 18 Makassar dan SMAN 22 Makassar. Jumlah sampel sebanyak 10 siswa dipilih dari ketiga sekolah secara random. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan metode survey. Pemberian tes dalam bentuk essay yang dinilai menggunakan rubrik penilaian keterampilan berpikir tingkat tinggi yang dikembangkan oleh Diane Hart, 1999. Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada aspek menganalisis (C4) yaitu 36,59 dengan kategori sangat rendah, aspek mengevaluasi (C5) yaitu 47,97 dengan kategori rendah dan aspek mencipta (C6) yaitu 39,04 dengan kategori sangat rendah. Semua keseluruhan rata-rata keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa yaitu 41,02 dengan kategori rendah. Kata Kunci : Pembelajaran Biologi, Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi, Sistem Koordinasi