Penerapan Metode Bermain Peran (Role Playing) Dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas V SDN 526 Buntu Kamiri Kabupaten Luwu

Main Author: Pratiwi, Indri
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19278/1/1647042015_ARTIKEL%20ILMIAH.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19278/
Daftar Isi:
  • Permasalahan penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 526 Buntu Kamiri Kabupaten Luwu. Fokus penelitian ini yaitu penerapan metode bermain peran (role playing) dan meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah guru kelas V sebanyak 1 orang dan siswa kelas V sebanyak 20 orang yang terdiri dari 12 orang perempuan dan 8 orang laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan berupa analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mengajar guru pada siklus I dikategorikan cukup dan siklus I pertemuan 2 dikategorikan baik. Aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 dikategorikan cukup dan siklus I pertemuan 2 dikategorikan baik. Peningkatan hasil keterampilan berbicara siswa pada siklus I masuk pada kategori baik, selanjutnya pada siklus II nilai rata-rata hasil keterampilan berbicara siswa berada pada kategori baik (tuntas secara klasikal). Kesimpulan dari penelitian ini adalah metode bermain peran (role playing) dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada kelas V SDN 526 Buntu Kamiri Kabupaten Luwu. Kata kunci: keterampilan berbicara, Metode Bermain Peran (Role Playing)