Penerapan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI.IPS 1 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 7 Wajo

Main Author: Ashar, Andi Azis
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19258/1/Jurnal_Andi%20Azis%20Ashar_1662041001_Pendidikan%20Sejarah.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19258/
ctrlnum 19258
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/19258/</relation><title>Penerapan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI.IPS 1 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 7 Wajo</title><creator>Ashar, Andi Azis</creator><subject>Pendidikan Sejarah</subject><description>Abstrak ANDI AZIS ASHAR, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Wajo pada Mata Pelajaran Sejarah melalui penerapan media pembelajaran audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Wajo pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 31 orang, yakni terdiri dari 17 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa untuk mengamati aktivitas siswa selama proses sedang berlangsung, lembar observasi aktivitas guru untuk mengetahui keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran di kelas, dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran Audiovisual. Dari penelitian ini diperoleh aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua, terjadi peningkatan motivasi belajar sejarah peserta didik setelah penerapan media pembelajaran Audiovisual, yaitu pada siklus I menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar peserta didik yakni 63,81% dari skor ideal 100 atau berada pada kategori sedang. Siklus II menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 81,39% dari skor ideal 100 atau berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Wajo melalui penerapan media pembelajaran Audiovisual dapat mengalami peningkatan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Audiovisual, Class Action Research</description><date>2021</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/19258/1/Jurnal_Andi%20Azis%20Ashar_1662041001_Pendidikan%20Sejarah.pdf</identifier><identifier> Ashar, Andi Azis (2021) Penerapan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI.IPS 1 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 7 Wajo. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>19258</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Ashar, Andi Azis
title Penerapan Media Pembelajaran Audiovisual Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas XI.IPS 1 Pada Mata Pelajaran Sejarah Di SMA Negeri 7 Wajo
publishDate 2021
isbn 9781662041006
topic Pendidikan Sejarah
url http://eprints.unm.ac.id/19258/1/Jurnal_Andi%20Azis%20Ashar_1662041001_Pendidikan%20Sejarah.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19258/
contents Abstrak ANDI AZIS ASHAR, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Wajo pada Mata Pelajaran Sejarah melalui penerapan media pembelajaran audiovisual. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (class action research) yang terdiri dari dua siklus. Siklus pertama sebanyak tiga kali pertemuan dan siklus kedua dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan. Prosedur penelitian meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Wajo pada Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 31 orang, yakni terdiri dari 17 orang laki-laki dan 14 orang perempuan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi siswa untuk mengamati aktivitas siswa selama proses sedang berlangsung, lembar observasi aktivitas guru untuk mengetahui keterlaksanaan pengelolaan pembelajaran di kelas, dan angket respon siswa untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penerapan media pembelajaran Audiovisual. Dari penelitian ini diperoleh aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan dari siklus pertama ke siklus kedua, terjadi peningkatan motivasi belajar sejarah peserta didik setelah penerapan media pembelajaran Audiovisual, yaitu pada siklus I menunjukkan bahwa skor rata-rata motivasi belajar peserta didik yakni 63,81% dari skor ideal 100 atau berada pada kategori sedang. Siklus II menunjukkan skor rata-rata motivasi belajar peserta didik sebesar 81,39% dari skor ideal 100 atau berada pada kategori tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar sejarah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 7 Wajo melalui penerapan media pembelajaran Audiovisual dapat mengalami peningkatan. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Audiovisual, Class Action Research
id IOS3399.19258
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:43Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:43Z
recordtype dc
_version_ 1764483843238133760
score 17.538404