PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT UMUM BAHAGIA KOTA MAKASSAR

Main Authors: Agustina, Nina, Sakawati, Herlina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19254/1/Jurnal%20Nina%20Agustina%20%281665142011%29.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19254/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Bahagia Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Kuantitatif Survei (survey reseach) dengan menggunakan pendekatan explanatory atau penelitian penjelasan untuk mengetahu pengaruh antar variabel. Penarikan sampel menggunakan teknik Sampling incidental (accidental sampling). Teknik pengumpulan data menggunakan,kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial untuk menjelaskan pengaruh antar variabel secara deskriptif. Hasil penelitian memperoleh tingkat kepuasan pasien berada pada kategori baik dengan indikator Tangible (Berwujud), Reliability (Kehandalan), Responsifines (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati). Kepuasan masyarakat berada pada kategori sangat puas dengan indikator yaitu Prosedur pelayanan, Persyaratan pelayanan, Kejelasan petugas pelayanan, Kedisiplinan petugas pelayanan, Tanggung jawab petugas pelayanan, Kemampuan petugas pelayanan, Kecepatan pelayanan, Keadilan pelayanan, Kesopanan dan keramahan petugas, Kewajaran biaya pelayanan, Kepastian biaya pelayanan, Kepastian jadwal pelayanan, Kenyamanan lingkungan, dan Keamanan pelayanan. Berdasarkan analisis data menunjukkan Kualitas pelayanan mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap di Rumah Sakit Umum Bahagia Kota Makassar dengan tingkat persentasi pengaruh sebesar 40,5%. Hal tersebut menunjukkan bahwa pentingnya kualitas pelayanan agar penyelenggaraan pelayanan dapat memberikan hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan pasien. Kata Kunci : Kualitas Pelayanan Rawat Inap dan Kepuasan Pasien.