ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN ISIM ISYARAH DALAM MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA ARAB SISWA KELAS X SMK MUHAMMADIYAH BUNGORO KABUPATEN PANGKEP

Main Authors: Rusdi, Resky, Muthmainnah, Sitti, Kurniati Asr, Wahyu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19250/1/artikel%20RESKI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19250/
Daftar Isi:
  • Resky Rusdi. 2020. Analisis Kesalahan Penggunaan Isim Isyarah Dalam Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Arab Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro Kab. Pangkep. Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa Dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Sitti Mutmainnah dan Wahyu Kurniati Asri). Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan menegenai kesalahan penggunaan isim isyarah siswa dalam menulis kalimat sederhana bahasa Arab. Variabel tunggal dalam penelitian ini adalah kesalahan isim isyarah. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah Bungoro Kab. Pangkep sebanyak 1 kelas dengan jumlah siswa 31 orang. Dan dipilih dengan teknik sampel acak sederana (simple rando sampling). Data penelitian diperoleh dengan memberikan tes isim isyarah. Data yang telah diperoleh akan diidentifikasi, dijelaskan, diklarifikasi jenis kesalahannya, dan dinilai tingkat kesalahannya dengan teknik presentase. Dari hasil analisi data, diketahui bahwa kesalahan siswa dalam menulis isim isyarah dekat untuk (زي )ٌsebanyak 130 kesalahan (17,03%) dengan kategori sangat rendah, kesalahan dalam penggunaan isim isyarah dekat untuk (زا )ٌsebanyak 230 kesalahan (31,38%) dengan kategori rendah, kesalahan penggunaan isim isyarah jauh untuk (رنك )sebanyak 150 kesalahan (20,46%) dengan kategori rendah, kesalahan penggunaan isim isyarah jauh untuk )رهك )sebanyak 223 kesalahan (30,42%) dengan kategori rendah. Kata kunci: Analisis Kesalahan, Isim Isyarah, Kalimat Sederhana