PENERAPAN METODE BERMAIN LEMPAR GELANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN PADA MURID TUNAGRATHITA RINGAN KELAS DASAR III SLB YPPLB PANGKEP

Main Authors: Ramadhan, Muhammad AL Isra, Syamsuddin, Syamsuddin, Mustafa, Mustafa
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19240/1/JURNAL%202020%20isra-dikonversi.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19240/
Daftar Isi:
  • Studi ilmiah ini di latar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SLB YPPLB Pangkep, yaitu pada murid tunagrahita ringan di kelas dasar III yang mengalami kesulitan dalam melakukan operasi hitung penjumlahan. Rumusan masalah penelitian ini yaitu: Apakah penerapan metode bermain lempar gelang dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada murid tunagrahita ringan kelas dasar III SLB YPPLB pangkep? Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan melalui penerapan metode bermain lempar gelang pada murid tunagrahita ringan dasar III SLB YPPLB Pangkep. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini berjumlah 2 (dua) murid tunagrahita ringan kelas dasar III di SLB YPPLB Pangkep. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian diketahui bahwa data kemampuan berhitung penjumlahan pada kondisi awal nilai rara-rata 35, artinya kemampuan berhitung penjumlahan siswa belum tuntas. Kemampuan berhitung penjumlahan melalui penerapan metode bermain lempar gelang nilai rata-rata kelas 60 artinya kemampuan berhitung penjumlahan murid ada peningkatan dan menuntaskan belajarnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa metode bermain lempar gelang dapat meningkatkan kemampuan berhitung penjumlahan pada siswa tunagrahita ringan kelas dasar III SLB YPPLB Pangkep. Kata kunci: Kemampuan berhitung penjumlahan, metode bermain lempar gelang, siswa tunagrahita ringan