Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN

Main Author: RUSYDI, SUTRA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19220/1/Artikel%20SUTRA%20RUSYDI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19220/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK SUTRA RUSYDI, 2020. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Keterampilan Menulis Bahasa Arab Siswa Kelas VIII MTsN Pangkep. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Jurusan Pendidikan Bahasa Asing, Fakultas Bahasa dan Sastra. Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Enung Mariah S dan Mantasiah R). Penelitian ini adalah penelitian Pre-Experimental dengan desain penelitian one group pretest-postest yang bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Scramble terhadap keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Pangkep. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dan variabel terikatnya adalah keterampilan menulis bahasa Arab. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 74 siswa. Adapun sampel dalam penelitian ini ditarik dengan menggunakan teknik total sampling. Data hasil penelitian diperoleh dari pemberian soal pretest dan posttest. Hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar daripada ttabel (5,900 > 2,026) dengan taraf kesalahan 5%. Hal ini berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Scramble efektif terhadap keterampilan menulis bahasa Arab siswa kelas VIII MTsN Pangkep. Kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe Scramble dan keterampilan menulis.