KEEFEKTIFAN METODE TUGAS (RESITASI) PADA PEMBELAJARAN DARING DALAM KETERAMPILAN MENULIS KALIMAT SEDERHANA BAHASA ARAB SISWA KELAS VIII SMP IT WAHDAH ISLAMIYAH MAKASSAR

Main Author: Rachma R, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19217/1/ARTIKEL%20NUR%20RACHMA%20R.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19217/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian ini adalah untuk memeroleh data mengenai Keefektifan Metode Tugas (Resitasi) Pada Pembelajaran Daring Dalam Keterampilan Menulis Kalimat Sederhana Bahasa Arab Siswa Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian True Eksperimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar yang terdiri dari atas 4 kelas berjumlah 128 siswa. Sampel dipilih dengan menggunakan teknik random sampling, yaknik kelas VIII B1 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B2 sebagai kelas kontrol dengan jumlah masing-masing 32 siswa. data penelitian ini diproleh melalui tes keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa arab dan dianalisis dengan menggunakan uji-t. Hasil analisis data menunjukkan th (1,894) < tt (1,999) pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa merode tugas (resitasi) pada pembelajaran daring tidak efektif dalam pembelajaran menulis kalimat sederhana bahasa arab Siswa Kelas VIII SMP IT Wahdah Islamiyah Makassar. Kata Kunci: keefektifan, metode, tugas(resitasi), keterampilan menulis kalimat sederhana bahasa Arab.