EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MIND MAPPING TERHADAP HASIL BELAJAR IPS KELAS V DI SDN 234 PATTIRO KECAMATAN MARE KABUPATEN BONE KABUPATEN BONE
Main Author: | A, Ulfiandi, A, Ulfiandi |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2021
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19145/1/Artikel%20Skripsi%20A.Ulfiandi%20Pdf.pdf http://eprints.unm.ac.id/19145/ |
Daftar Isi:
- Abstrak. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan mengetahui gambaran hasil belajar IPS sebelum dan sesudah penggunaan mind mapping serta hasil belajar IPS sebelum dan sesudah penggunaan mind mapping berbeda secara signifikan dan efektif dalam meningkatkan hasil belajar IPS pada siswa kelas V di SDN234 Pattiro Kecamatan Mare Kab. Bone. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kuantitatif. Data penelitian diperoleh melalui angket dan tes. Populasi dalam penelitian adalah 18 siswa kelas V SDN234 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone tahun pelajaran 2019/2020. Teknik analisis data adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan mind mapping kelas V SDN234 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone termasuk dalam kategori tinggi, pada sebelum pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 234 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone termasuk dalam kategori tinggi dan sesudah pembelajaran IPS siswa kelas V SDN 234 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone termasuk dalam kategori tinggi serta terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan mind mapping dan efektif meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 234 Pattiro Kecamatan Mare Kabupaten Bone. Kata Kunci: mind mapping, hasil belajar, IPS