Penggunaan Game Story Cube Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Siswa Kelas VI SDN 161 Pinrang
Main Authors: | Sultan, Muhammad Asrul, Muhammad, Kiram |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19137/1/Jurnal%20Kiram%20Muhammad%20Narasi%20Story%20Cube.pdf http://eprints.unm.ac.id/19137/ |
Daftar Isi:
- enelitian ini adalah penelitian eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penggunaan media Game Story Cube terhadap hasil belajar keterampilan menulis narasi siswa kelas VI SDN 161 Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media Game Story Cube, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar keterampilan menulis karangan narasi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN 161 Pinrang sebanyak 476 orang, sedangkan sampelnya adalah kelas VI.A sebagai kelas eksperimen dengan jumlah siswa 35 orang dan kelas VI.B sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 35 orang. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan tes hasil belajar pada materi menulis karangan berupa pretest dan posttes. Teknik analisis data yaitu dengan Uji Independent Sampel T-tes. Berdasarkan hasil analisis statistika inferensial diperoleh P = 0,003 lebih kecil dari = 0,05. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan Story Cube berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN 161 Pinrang pada keterampilan menulis karangan narasi. Kata kunci: Story Cube, Pembelajaran bermain, Permainan dadu, Keterampilan menulis narasi