MODEL BAHAN AJAR MEMBACA INTENSIF YANG MENGINTEGRASIKAN NILAI KARAKTER BANGSA BERBASIS KURIKULUM 2013
Main Authors: | Wardihan, Andi, Saleh, Muhammad, SULTAN, SULTAN |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19102/1/Prosiding%20Simposium%20internasional%20bahasa%20sastra%20dan%20budaya%20indonesia%20dalam%20profesinoalisme.pdf http://eprints.unm.ac.id/19102/2/Peer%20reviewer%20Pembelajaran%20Membaca%20Intensif%20yang%20Mengintegrasikan%20Karakter%20bangsa.pdf http://eprints.unm.ac.id/19102/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (research and development) yang bertujuan mengembangkan model pembelajaran membaca intensif yang mengintegrasikan pendidikan karakter bangsa berbasis kurikulum 2013. Penelitian dirancang dengan menggunakan model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri atas empat tahapan, yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap penyebarluasan. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Sengkang, Wajo, Sulawesi Selatan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian berupa : (1) Buku Bahan Ajar, (2) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, (3) Buku Siswa, (4) Buku Guru, (5) Lembar Kegiatan Siswa yang valid, praktis, dan efektif. Berdasarkan validasi ahli dan praktisi, penelitian menghasilkan bahan ajar dan perangkat pendukungnya yang memenuhi kriteria kevalidan.