Daftar Isi:
  • Abstrak Artikel ini didasarkan pada semangat Kurikulum 2013 yang menekankan keseimbangan antara tiga ranah pokok dalam pembelajaran yakni kognitif, afektif, dan psikomotor. Artikel ini bertujuan mendeskripsikan peran strategis buku teks dalam pembentukan karakter peserta didik. Sumber data penelitian adalah buku teks bahasa Indonesia kelas VII. Data penelitian berupa pernyataan (kalimat, kata) yang memuat aspek pembentukan karakter peserta didik. Data dikumpulkan melalui teknik baca dan teknik catat. Data yang terkumpul dianalisis secara deskriptif kualitatif model interaktif melalui empat kegiatan pokok, yakni pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan dua hal pokok. Pertama, wujud integrasi nilai karakter dalam buku teks ditemukan dalam tiga bagian pokok buku teks, yakni sajian awal, sajian inti, dan sajian penutup. Integrasi nilai karakter pada sajian buku teks diwujudkan melalui penjelasan, pemberian contoh, dan pemberian tugas. Kedua, strategi yang digunakan guru dalam mengeintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia ada dua yakni : (1) strategi langsung, dan (2) strategi tidak langsung.