MODEL BAHAN AJAR BERBASIS TEKS PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Main Authors: | Saleh, Muhammad, Wardihan, Andi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19076/1/Prosiding%20Mega%20Trend%20Inovasi.pdf http://eprints.unm.ac.id/19076/2/Peer%20reviewer%20%20Model%20Bahan%20Ajar%20Berbasis%20Teks.pdf http://eprints.unm.ac.id/19076/ |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan wujud bahan ajar berbasis teks pada pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah pertama. Penelitian didesain dengan penelitian dan pengembangan model Four-D yang terdiri atas empat tahapan, yakni tahap pendefinisian, tahap perancangan, tahap pengembangan, tahap penyebarluasan. Namun demikian, hasil penelitian yang disajikan dalam makalah ini hanya sampai pada tahap pengembangan berupa prototipe bahan ajar yang dihasilkan. Subjek penelitian adalah siswa dan guru pada SMP di Sulawesi Selatan, yakni : (1) SMPN 1 Marioriwawo, Kabupaten Soppeng; (2) SMPN 1 lappariaja, Kabupaten Bone, dan (3) SMPN 10 Kabupaten Bulukumba. Berdasarkan penelitian dan pengembangan dihasilkan bahan ajar dengan struktur : (1) pengantar, (2) pemahaman konsep, (3) pemodelan teks, (4) analisis teks, dan (5) identifikasi nilai-nilai berbasis teks. Bahan ajar ini merupakan prototipe yang siap diujikan untuk menilai kemenarikan dan keefektifannya.