PENGARUH MODEL KOOPERATIF STAD TERHADAP HASIL BELAJAR SENI TARI SISWA KELAS VII DI SMP NEGERI 1 SENDANA KABUPATEN MAJENE

Main Author: RESMA, NANDA YULIANTI
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19070/1/JURNAL%20NANDA%20RESMA%20YULIANTI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19070/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menjawab permasalahan tentang (1) Bagaimana hasil belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada pelajaran seni tari siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. (2) Apa pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran konvensional terhadap hasil belajar seni tari siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Sendana Kabupaten Majene. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen semu dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII dan sampel yang digunakan adalah kelas VII A untuk kelas eksperimen dan kelas VII B untuk kelas kontrol dengan menggunakan teknik sampling purposive. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil belajar siswa di SMP Negeri 1 Sendana terdapat perbedaan pengaruh antara pembelajaran dengan model Kooperatif tipe STAD dan model konvensional (metode ceramah). Hasil pretest menunjukkan bahwa nilai ratarata siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol hampir sama dengan selisih rata-rata yakni sebesar 2,5. Sedangkan data hasil belajar siswa setelah dilakukan posttest membuktikan bahwa kedua kelas ini mengalami peningkatan rata-rata hasil belajar. Untuk kelas eksperimen dengan rata-rata 86,75 dan kelas kontrol dengan rata-rata 70,5. (2) Pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) dengan model pembelajaran konvensional dapat dibuktikan dengan nilai hasil uji beda (t) diperoleh thitung = 8,158 sedangkan ttabel = 1,717. Sehingga jika dimasukkan pada rumus hipotesis thitung > ttabel sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian telah terbukti bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara model pembelajaran Kooperatif tipe STAD dan model pembelajaran konvensional (metode ceramah) dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran seni tari kelas VII di SMP Negeri 1 Sendana.