Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba
Main Authors: | Syawaluddin, Ahmad, Makkasau, Andi, Jamal, Ina Fitriyani |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Prodi PGSD Kampus VI Universitas Negeri Makassar
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/19055/1/jurnal%20JIKAP%20Vol%2C3.%20No%2C3.%20Tahun%202019.pdf http://eprints.unm.ac.id/19055/2/peer%20reviewer%20JIKAP%20PGSD%20vol%203%20no%203%20thn%202019.pdf http://eprints.unm.ac.id/19055/3/Pengembangan%20Media%20Pembelajaran%20Berbasis%20Aplikasi%20Lectora%20Inspire%20Pada%20Mata%20Pelajaran%20IPS%20Kelas%20V%20Di%20SDN%20197%20Sapolohe%20Kecamatan%20Bontobahari%20Kabupaten%20Bulukumba.pdf http://eprints.unm.ac.id/19055/ http://103.76.50.195/JIKAP/index |
Daftar Isi:
- Abstrak Penelitian ini menelaah tentang pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 197 Sapolohe, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan (1) gambaran awal kebutuhan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V; (2) gambaran hasil pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V, dan (3) tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi lectora inspire pada mata pelajaran IPS Kelas V di SDN 197 Sapolohe Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dengan model pengembangan borg & gall. Proses pengembangan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran IPS melalui 8 tahap, yaitu Penelitian pendahuluan dan pengumpulan data, Perencanaan, Pengembangan produk, Uji validitas (uji ahli), Revisi I, Uji kelompok kecil, Revisi II, dan Produk akhir.Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen angket. Analisis data yang digunakan yaitu analisis data deskriptif kuantitatif. Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi Lectora Inspire pada mata pelajaran IPS berdasarkan penilaian ahli materi sebesar 4,35, ahli media sebesar 3,8, praktisi pembelajaran (guru) sebesar 4,55 dan siswa sebesar 4,54 sehingga memperoleh rerata skor sebesar 4,31 dengan kategori sangat baik yang menunjukkan hasil bahwa media pembelajaran tersebut layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran bagi siswa Kelas V SDN 197 Sapolohe, Kecamatan Bontobahari, Kabupaten Bulukumba.