PENGARUH METODE OUTDOOR STUDY TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 99 WANUAE KECAMATAN SUPPA KABUPATEN PINRANG

Main Author: Ardywiranata, Ardywiranata
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19045/1/1647040029_Ardywiranata_Artikel.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19045/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh penerapan metode outdoor study terhadap hasil IPA belajar siswa kelas IV SD Negeri 99 Wanuae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang. Variabel bebas dalam penelitian ini penerapan metode outdoor study sedangkan varibel terikatnya adalah hasil belajar IPA siswa kelas IV. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas tinggi SD Negeri 99 Wanuae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang sedangkan sampelnya adalah siswa kelas IV SD Negeri 99 wabuae Kecamatan Suppa Kabupaten Pinrang dengan jumlah sampel sebanyak 17 orang siswa yang terdiri dari 12 orang laki-laki dan 5 orang perempuan. Instrument yang digunakan adalah tes hasil belajar dalam bentuk soal pilihan ganda sebanyak 25 butir soal untuk mengetahui hasil belajara siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik observasi, teknik tes, dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunaka adalah teknik analisis data statistik deskriptif dan teknik analisis data inferensial. Hasil penelitian tersebut menyatakan bahwa dari hasil analisis data, dapat dilihat dari rata-rata nilai pretest dan posttest, rata nilai hasil belajar saat pretest adalah 54.5882 sedangkan nilai hasil belajar posttest 70.1176. Dan dapat dilihat dari nilai THuting > TTabel yaitu 43.483 > 2.1199. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah menggunakan metode outdoor study pada matapelajara IPA. Kata Kunci : Metode Oudoor Study, Hasil Belajar.