Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (STAD) dalam Meningkatkan Hasil Belajar PKN II dI PGSD UPP ParePare

Main Author: Tuken, Ritha
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19022/1/prosiding%20membangun%20indonesia%20melalui%20hasil%20riset.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19022/2/peer%20reviewer%20semnas%20membangun%20indonesia%20melalui%20hasil%20riset.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19022/
Daftar Isi:
  • Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk nengetahui penerapan pembelajaran model kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan hasil belajar PKN II di PGSD UPP Parepare. Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas yang berlokasi di PGSD UPP Parepare. Prosedur Penelitian PTK terdiri dari perencanaan, pelaksanaan observasi, refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, dokumentasi, dan tes. Hasil penelitian pada tes awal menunjukkan bahwa kemampuan mahasiswa memahami materi pelajaran masih dalam kategori kurang, setelah dilakukan pembelajaran menunjukkan peningkatan signifikan dengan hasil evaluasi pada siklus I berada pada kualifikasi cukup, kemudian dilanjutkan pada siklus ke II yang menunjukkan peningkatan dengan hasilnya pada kategori baik, namun belum mencapai ketuntasan yang ditetapkan. Hasil evaluasi pada siklus III juga menunjukkan peningkatan dan telah melampaui ketuntasan. Hal ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual pada pembelajaran PKN II dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa di PGSD UPP Parepare.