PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE ROLE PLAYING DI KELAS VI SDN IV KOTA PAREPARE

Main Author: Tuken, Ritha
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FIP UNM , 2016
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/19018/1/Jurnal%20Publikasi%20Pendidikan%20vol.%206%20no.%202%2C%20juni%202016.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19018/2/peer%20reviewer%20jurnal%20publikan%20vol%206%20no%202%20thn%202016.pdf
http://eprints.unm.ac.id/19018/
https://ojs.unm.ac.id/pubpend
Daftar Isi:
  • Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran role playing pada mata pelajaran PKn di kelas VI SDN IV Kota Parepare Kabupaten Enrekang?. Dari rumusan masalah tersebut, maka penelitian bertujuan: 1) Untuk mengetahui informasi tentang proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model role playing dalam meningkatkan hasil belajar PKn di kelas VI SDN IV Kota Parepare Kabupaten Enrekang. Pendekatan penelitian adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini fokus pada proses aktivitas siswa dan guru dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe role playing dan fokus hasil belajar siswa setelah pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe role playing. Penelitian dilaksanakan di SDN IV Kota Parepare dengan subjek adalah guru dan siswa kelas VI SDN IV Kota Parepare yang berjumlah 30 orang, yang terdiri dari 16 laki-laki dan 14 perempuan. Prosedur dan desain penelitian yang digunakan yakni: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Dari pelaksanaan diperoleh data yang dikumpulkan dengan teknik observasi, tes hasil belajar dan dokumentasi. Selanjutnya data tersebut dianalisis dan diolah secara kualitatif. Hasil belajar yang diperoleh dari taraf keberhasilan siswa yang tuntas mencapai KKM sekolah, yang cenderung mengalami peningkatan, berturut-turut: siklus I, kualifikasi cukup, dan siklus II, kualifikasi baik. Kesimpulan hasil penelitian yaitu terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn melalui pembelajaran kooperatif tipe role playing di kelas VI SDN IV Kota Parepare