HUBUNGAN INTERAKSI TEMAN SEBAYA DENGAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS IV SD GUGUS III KECAMATAN PALAKKA KABUPATEN BONE

Main Author: Azzarah, Fatima
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2021
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18972/1/Artikel%20Skripsi%20Fatima%20Azzarah%20Pdf.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18972/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan model korelasional yang bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa SD Gugus III Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah interaksi teman sebaya sedangkan variable terikatnya adalah motivasi belajar siswa. Populasi dalam penelitian adalah sekolah yang ada pada Gugus III Kecamatan Palakka Kabupaten Bone pada tahun pelajaran 2019/2020 berjumlah 7 sekolah yang diteliti. Sampel dalam penelitian berjumlah 94 siswa.. Data hasil penelitian diperoleh dengan memberikan angket interaksi teman sebaya dan motivasi belajar siswa. Teknik analisis data adalah Analisis Statistik Deskriptif dan Analisis Statistik Inferensial. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh thitung sebesar 4.30 dan ttabel sebesar 1.66159. Ternyata harga thitung lebih besar dari harga ttabel dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara interaksi teman sebaya dengan motivasi belajar siswa kelas IV SD Gugus III Kecamatan Palakka Kabupaten Bone. Kata kunci : Interaksi Teman Sebaya, Motivasi Belajar