Pemanfaatan Media Big Book untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Kelas II SD Negeri Gunung Sari II Makassar

Main Authors: Syamsiah D., Syamsiah D., Riangtati, Andi Dewi, Usman, Hikmawati
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Prodi PGSD FIP UNM , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18930/1/jurnal%20publikan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18930/2/peer%20reviewer%20jurnal%20publikan.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18930/
https://ojs.unm.ac.id/pubpend
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pemanfaatan media big book dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam 2 siklus. Subjek penelitian adalah guru dan siswa kelas II SD. Pengumpulan data menggunakan observasi, tes kemampuan membaca, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil analisis dapat dilihat dari siklus I aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori cukup, dan siklus II aktivitas mengajar guru dan aktivitas belajar siswa berada pada kategori baik. Hasil belajar pada siklus I belum mencapai ketuntasan secara klasikal dan siklus II sudah tercapai ketuntasan secara klasikal. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah dengan pemanfaatan media big book dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas II SDN Gunung Sari II Makassar.