Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik

Main Authors: Waleulu, Amalia, Muharram, Muharram, sugiarti, sugiarti
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: Program Stufdi Pendidikan Kimia Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18911/1/Artikel%20Jurnal%20Terindeks%20Copernicus%20-%20Pengaruh%20Model%20Pembelajaran%20Inkuiri%20Terbimbing%20.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18911/2/Peer%20Review%20Artikel%20Jurnal%20Terindeks%20Copernicus%20-%20Pengaruh%20Model%20Pembelajaran%20Inkuiri%20Terbimbing%20.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18911/
https://ojs.unm.ac.id/CER/article/view/8671
https://doi.org/10.26858/cer.v2i2.8671
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia peserta didik materi pokok ikatan kimia. Metode penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan dua perlakuan. Analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji hipotesis dan untuk pengujian hipotesis dilakukan menggunakan one way ANOVA pada taraf signifikan 0,05. Hasil analisis deskripsi diperoleh rata-rata nilai kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas eksperimen adalah 79,85 dan kelas kontrol adalah 57,89 dengan standar deviasi masing-masing 11,77 dan 12,29. Presentase rata-rata nilai indikator kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen sebesar 83,91 berada dalam kategori tinggi dan presentase nilai indikator kelas kontrol sebesar 49,63 berada dalam kategori sedang. Hasil pengujian hipotesis dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh nilai thitung 4,48 > ttabel 2,02 dan signifikansi (0,001<0,05), menunjukkan hipotesis diterima. Disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kelas X MIA SMA Muhammadiyah Luhu pada materi pokok ikatan kimia.