UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGIRING BOLA PADA PERMAINAN SEPAK BOLA MELALUI METODE DRILL PADA SISWA KELAS X SMAN 4 SOPPENG
Main Author: | RIJAL, SYAMSUL |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/18776/1/JURNAL%20SKRIPSI.pdf http://eprints.unm.ac.id/18776/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan Hasil Belajar Menggiring Bola pada Permainan Sepak Bola Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Soppeng. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 4 Soppeng dengan jumlah sampel penelitian 20 siswa. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Metode pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode drill. Data hasil belajar afektif, kognitif dan psikomotorik diperoleh dengan melakukan observasi lapangan. Hasil analisis data menunjukkan bahwa : hasil pembelajaran menggiring bola dapat ditingkatkan melalui metode drill dimana diperoleh nilai akhir dari siklus pertama 71,93 dan nilai akhir dari siklus kedua 84,93. Penelitian ini dikatakan berhasil karena menunjukkan peningkatan nilai akhir dan mencapai nilai KKM yang ditetapkan oleh sekolah yaitu 75. Hal ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar pada Permainan Sepak Bola Melalui Metode Drill pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Soppeng. Kata Kunci : Metode Drill, Hasil Belajar