KEEFEKTIFAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE POSTER SESSION DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMAN 1 CAMPALAGIAN KABUPATEN POLEWALI MANDAR (VIRTUAL)

Main Author: Johar, Johar
Format: Thesis NonPeerReviewed
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18770/
Daftar Isi:
  • Tujuan Penelitian ini untuk memeroleh data dan informasi tentang keefektifan metode pembelajaran kooperatif tipe Poster Session dalam pembelajaran kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (virtual). Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan tes penguasaan kosakata dalam penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Poster Session. Data dianalisis dengan uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMAN 1 Campalagian yang terdiri dari 5 kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel acak (Random Sampling). Jumlah sampel adalah 2 kelas yakni kelas XI IPS 5 sebagai kelas eksperimen yang terdiri dari 30 siswa dan kelas XI IPS 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri dari 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan th=7.07 > tt=2.002 pada taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Metode Poster Session efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI SMAN 1 Campalagian Kabupaten Polewali Mandar (virtual). Kata kunci : Keefektifan 1Metode Poster Session2 , Penguasaan Kosakata3 , Bahasa Jerman