PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA

Main Author: Karunia, Anita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18765/1/Artikel%20Anita%20Karunia.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18765/
ctrlnum 18765
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/18765/</relation><title>PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN&#xD; TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA</title><creator>Karunia, Anita</creator><subject>Desain Komuniksi Visual</subject><description>ABSTRAK&#xD; &#xD; Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual baru yang menarik, konsisten dan&#xD; sesuai dengan citra yang ingin dibangun Teluk Youtefa sebagai salah satu cara dalam&#xD; pengembangan destinasi wisata di Kota Jayapura serta diterapkan pada graphic standard&#xD; manual, stationery, dan gifts/merchandise agar dapat digunakan sebagai media identifikasi&#xD; media promosi wisata. Data yang digali dalam penelitian ini mencakup teori desain terkait&#xD; merancang logo serta teori warna, tipografi, brand, branding, identitas visual, brand awareness,&#xD; serta data teluk youtefa berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data diperoleh&#xD; diteliti menggunakan metode kualitatif, analisis SWOT, dan analisis STP. Logo dari Teluk&#xD; Youtefa menampilkan visualisasi yang memperkenalkan nilai budaya dan keindahan alam&#xD; kepada para wisatawannya, oleh karena itu identitas visual di desain agar memiliki kesan&#xD; menyenangkan, dan tidak terlepas dari unsur alam dan budaya suku tobati dan enggros. Hasil&#xD; perancangan identitas visual ini adalah logo dengan menggunakan media utama berupaGraphic&#xD; Standard manual sebagai buku panduan yang berisi aturan serta penggunaan identitas visual&#xD; Youtefa dan mencakup logo, warna dan tipografi, juga penerapannya pada media. Logo dari&#xD; hasil Perancangan Identitas Visual Kawasan Teluk Youtefa kemudian diaplikasikan ke dalam&#xD; media pendukung sebagai media promosi, media komunikasi pendukung terdiri dari Stationary&#xD; dan Gift/ Merchandise.&#xD; Kata Kunci : Branding, Visual Identity, Design, Logo, Kawasan Teluk Youtefa.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/18765/1/Artikel%20Anita%20Karunia.pdf</identifier><identifier> Karunia, Anita (2020) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain. </identifier><recordID>18765</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Karunia, Anita
title PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA
publishDate 2020
topic Desain Komuniksi Visual
url http://eprints.unm.ac.id/18765/1/Artikel%20Anita%20Karunia.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18765/
contents ABSTRAK Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual baru yang menarik, konsisten dan sesuai dengan citra yang ingin dibangun Teluk Youtefa sebagai salah satu cara dalam pengembangan destinasi wisata di Kota Jayapura serta diterapkan pada graphic standard manual, stationery, dan gifts/merchandise agar dapat digunakan sebagai media identifikasi media promosi wisata. Data yang digali dalam penelitian ini mencakup teori desain terkait merancang logo serta teori warna, tipografi, brand, branding, identitas visual, brand awareness, serta data teluk youtefa berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data diperoleh diteliti menggunakan metode kualitatif, analisis SWOT, dan analisis STP. Logo dari Teluk Youtefa menampilkan visualisasi yang memperkenalkan nilai budaya dan keindahan alam kepada para wisatawannya, oleh karena itu identitas visual di desain agar memiliki kesan menyenangkan, dan tidak terlepas dari unsur alam dan budaya suku tobati dan enggros. Hasil perancangan identitas visual ini adalah logo dengan menggunakan media utama berupaGraphic Standard manual sebagai buku panduan yang berisi aturan serta penggunaan identitas visual Youtefa dan mencakup logo, warna dan tipografi, juga penerapannya pada media. Logo dari hasil Perancangan Identitas Visual Kawasan Teluk Youtefa kemudian diaplikasikan ke dalam media pendukung sebagai media promosi, media komunikasi pendukung terdiri dari Stationary dan Gift/ Merchandise. Kata Kunci : Branding, Visual Identity, Design, Logo, Kawasan Teluk Youtefa.
id IOS3399.18765
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:36Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:36Z
recordtype dc
_version_ 1764483841284636672
score 17.538404