PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA
Main Author: | Karunia, Anita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/18765/1/Artikel%20Anita%20Karunia.pdf http://eprints.unm.ac.id/18765/ |
ctrlnum |
18765 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/18765/</relation><title>PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN
TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA</title><creator>Karunia, Anita</creator><subject>Desain Komuniksi Visual</subject><description>ABSTRAK

Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual baru yang menarik, konsisten dan
sesuai dengan citra yang ingin dibangun Teluk Youtefa sebagai salah satu cara dalam
pengembangan destinasi wisata di Kota Jayapura serta diterapkan pada graphic standard
manual, stationery, dan gifts/merchandise agar dapat digunakan sebagai media identifikasi
media promosi wisata. Data yang digali dalam penelitian ini mencakup teori desain terkait
merancang logo serta teori warna, tipografi, brand, branding, identitas visual, brand awareness,
serta data teluk youtefa berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data diperoleh
diteliti menggunakan metode kualitatif, analisis SWOT, dan analisis STP. Logo dari Teluk
Youtefa menampilkan visualisasi yang memperkenalkan nilai budaya dan keindahan alam
kepada para wisatawannya, oleh karena itu identitas visual di desain agar memiliki kesan
menyenangkan, dan tidak terlepas dari unsur alam dan budaya suku tobati dan enggros. Hasil
perancangan identitas visual ini adalah logo dengan menggunakan media utama berupaGraphic
Standard manual sebagai buku panduan yang berisi aturan serta penggunaan identitas visual
Youtefa dan mencakup logo, warna dan tipografi, juga penerapannya pada media. Logo dari
hasil Perancangan Identitas Visual Kawasan Teluk Youtefa kemudian diaplikasikan ke dalam
media pendukung sebagai media promosi, media komunikasi pendukung terdiri dari Stationary
dan Gift/ Merchandise.
Kata Kunci : Branding, Visual Identity, Design, Logo, Kawasan Teluk Youtefa.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/18765/1/Artikel%20Anita%20Karunia.pdf</identifier><identifier> Karunia, Anita (2020) PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA. S1 thesis, Fakultas Seni dan Desain. </identifier><recordID>18765</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Karunia, Anita |
title |
PERANCANGAN IDENTITAS VISUAL DESTINASI WISATA KAWASAN
TELUK YOUTEFA KOTA JAYAPURA |
publishDate |
2020 |
topic |
Desain Komuniksi Visual |
url |
http://eprints.unm.ac.id/18765/1/Artikel%20Anita%20Karunia.pdf http://eprints.unm.ac.id/18765/ |
contents |
ABSTRAK
Perancangan ini bertujuan untuk menciptakan identitas visual baru yang menarik, konsisten dan
sesuai dengan citra yang ingin dibangun Teluk Youtefa sebagai salah satu cara dalam
pengembangan destinasi wisata di Kota Jayapura serta diterapkan pada graphic standard
manual, stationery, dan gifts/merchandise agar dapat digunakan sebagai media identifikasi
media promosi wisata. Data yang digali dalam penelitian ini mencakup teori desain terkait
merancang logo serta teori warna, tipografi, brand, branding, identitas visual, brand awareness,
serta data teluk youtefa berupa pedoman wawancara dan pedoman observasi. Data diperoleh
diteliti menggunakan metode kualitatif, analisis SWOT, dan analisis STP. Logo dari Teluk
Youtefa menampilkan visualisasi yang memperkenalkan nilai budaya dan keindahan alam
kepada para wisatawannya, oleh karena itu identitas visual di desain agar memiliki kesan
menyenangkan, dan tidak terlepas dari unsur alam dan budaya suku tobati dan enggros. Hasil
perancangan identitas visual ini adalah logo dengan menggunakan media utama berupaGraphic
Standard manual sebagai buku panduan yang berisi aturan serta penggunaan identitas visual
Youtefa dan mencakup logo, warna dan tipografi, juga penerapannya pada media. Logo dari
hasil Perancangan Identitas Visual Kawasan Teluk Youtefa kemudian diaplikasikan ke dalam
media pendukung sebagai media promosi, media komunikasi pendukung terdiri dari Stationary
dan Gift/ Merchandise.
Kata Kunci : Branding, Visual Identity, Design, Logo, Kawasan Teluk Youtefa. |
id |
IOS3399.18765 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2023-03-04T19:16:36Z |
last_indexed |
2023-03-04T19:16:36Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483841284636672 |
score |
17.538404 |