PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR

Main Author: HARTINA, HARTINA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18745/1/JURNAL%20HARTINA%201647040007.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18745/
ctrlnum 18745
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/18745/</relation><title>PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY&#xD; QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP HASIL&#xD; BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA&#xD; KELAS IV DI SEKOLAH DASAR</title><creator>HARTINA, HARTINA</creator><subject>PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)</subject><subject>ILMU PENDIDIKAN</subject><description>Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan metode&#xD; pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) pada membaca&#xD; pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil&#xD; belajar membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan metode&#xD; pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) kelas IV Sekolah Dasar.&#xD; (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Survey Question&#xD; Read Recite Review (SQ3R) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas&#xD; IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental&#xD; design yang merupakan penelitian eksperimen dan desain peniltian yang digunakan&#xD; berbentuk Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah&#xD; seluruh siswa kelas IV SD Negeri 10 Palie. Sampel yang diambil dalam penelitian ini&#xD; terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA (kelas eksperiman yang diajarkan menggunakan&#xD; tindakan berupa metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R)&#xD; dan kelas IVB (Kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran biasa). Data&#xD; hasil penelian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan&#xD; metode pembelajaran SQ3R dan tes hasil belajar membaca pemahaman siswa. Pada&#xD; pertemuan I berada pada kategori sangat baik dan pertemuan II berada pada kategori&#xD; sangat baik. Hasil belajar membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah&#xD; diterapkan metode pembelajaran SQ3R berada pada kategori cukup dan baik. Hasil&#xD; analisis uji prasyarat diperoleh bahwa data hasil belajar membaca pemahaman siswa&#xD; berdistribusi normal sehingga dilakukan uji parametrik dengan menggunakan uji&#xD; independent sample t-test. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-test dengan taraf&#xD; signifikasi 5% diperoleh thitung ( 6,407) &gt; ttabel (1,705). Nilai t hitung &gt; t tabel&#xD; menunjukkan bahwa hasil belajar membaca pemahaman siswa kedua kelompok&#xD; berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa&#xD; terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Survey Question Read Recite&#xD; Review (SQ3R) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD&#xD; Negeri 10 Palie Kecamatan Balusu Kabupaten Barru.&#xD; Kata Kunci: Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R), Hasil Belajar&#xD; Membaca Pemahaman</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/18745/1/JURNAL%20HARTINA%201647040007.pdf</identifier><identifier> HARTINA, HARTINA (2020) PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>18745</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author HARTINA, HARTINA
title PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SURVEY QUESTION READ RECITE REVIEW TERHADAP HASIL BELAJAR MEMBACA PEMAHAMAN SISWA KELAS IV DI SEKOLAH DASAR
publishDate 2020
isbn 201647040007
topic PENDIDIKAN GURU SEKOLAH DASAR - (S1)
ILMU PENDIDIKAN
url http://eprints.unm.ac.id/18745/1/JURNAL%20HARTINA%201647040007.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18745/
contents Abstrak: Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui gambaran penerapan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) pada membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil belajar membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) kelas IV Sekolah Dasar. (3) Untuk mengetahui pengaruh penerapan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi eksperimental design yang merupakan penelitian eksperimen dan desain peniltian yang digunakan berbentuk Nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 10 Palie. Sampel yang diambil dalam penelitian ini terdiri dari 2 kelas yakni kelas IVA (kelas eksperiman yang diajarkan menggunakan tindakan berupa metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) dan kelas IVB (Kelas kontrol yang diajarkan menggunakan pembelajaran biasa). Data hasil penelian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi keterlaksanaan metode pembelajaran SQ3R dan tes hasil belajar membaca pemahaman siswa. Pada pertemuan I berada pada kategori sangat baik dan pertemuan II berada pada kategori sangat baik. Hasil belajar membaca pemahaman siswa sebelum dan setelah diterapkan metode pembelajaran SQ3R berada pada kategori cukup dan baik. Hasil analisis uji prasyarat diperoleh bahwa data hasil belajar membaca pemahaman siswa berdistribusi normal sehingga dilakukan uji parametrik dengan menggunakan uji independent sample t-test. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil t-test dengan taraf signifikasi 5% diperoleh thitung ( 6,407) > ttabel (1,705). Nilai t hitung > t tabel menunjukkan bahwa hasil belajar membaca pemahaman siswa kedua kelompok berbeda secara signifikan. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran Survey Question Read Recite Review (SQ3R) terhadap hasil belajar membaca pemahaman siswa kelas IV SD Negeri 10 Palie Kecamatan Balusu Kabupaten Barru. Kata Kunci: Metode Survey Question Read Recite Review (SQ3R), Hasil Belajar Membaca Pemahaman
id IOS3399.18745
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2023-03-04T19:16:36Z
last_indexed 2023-03-04T19:16:36Z
recordtype dc
_version_ 1764483841239547904
score 17.538404