RESPON GURU TERHADAP PRODUK BAHAN AJAR TEMATIK BERBASIS NILAI DENGAN MODEL MIND-MAPPING PLUS BAGI MURID KELAS AWAL SEKOLAH DASAR

Main Authors: Haling, Abd., Rohana, Rohana, Halik, Abdul
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18601/1/JurnalKurikulum%20TekNologi%20Pendidikan%20b.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18601/
Daftar Isi:
  • Peneletian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran respon guru terhadap bahan ajar tematik berbasis nilai dengan menggunakan model mind-mapping plus pada murid kelas awal sekolah dasar. Jenis penelitian adalah pengembangan (research and development) dengan prosedur kerja, yaitu: (1) pengumpulan informasi awal, (2) perancangan, (3) pengembangan, (4)penilaian, (5) revisi produk, dan (6) penyebarluasan dan implementasi. produk bahan ajar yang telah mendapatkan kesahan dari pakar, selanjutnya dilakukan uji coba lapangan bagi calon pengguna untuk mengetahui respon guru terhadap produk bahan ajar. Aubjek penelitian adalah guru kelas awal yang berjumlah 15 orang, adapaun pengumpulan data dilakukan melalui angket. Analisis dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunujukkan bahwa: respon guru berada pada kategori "sangat baik". Dengan demikian produk bahan ajar yang telah mendapat persetujuan pakar, sesuai kebutuhan guru sebagai calon pengguna. Dengan demikian produk bahan ajar tesebut "layak" digunakan pada sasaran penelitina, yaotu murid kelas awal sekolah dasar.