PENERAPAN MODEL NURS DALAM PEMBELAJARAN MEMBACA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 2 BANTAENG
Main Authors: | Wahdaniyah, Sri, Saleh, Nurming, Mannahali, Misnah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/18582/1/ARTIKEL_SRI%20WAHDANIYAH.pdf http://eprints.unm.ac.id/18582/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri atas dua siklus dan dilaksanakan secara daring. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, proses dan hasil pembelajaran model NURS dalam kemampuan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantaeng. Data dalam penelitian ini terdiri atas dua jenis, yaitu: data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh melalui observasi sedangkan data kuantitatif diperoleh melalui hasil tes kemampuan membaca siklus I dan siklus II. Data dianalisis dengan menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca memahami bahasa Jerman dengan nilai rata-rata yang diperoleh siswa pada siklus I mencapai 8 dan siklus II mencapai 8,5. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model NURS meningkatkan kemampuan membaca bahasa Jerman siswa kelas XI IPS SMA Negeri 2 Bantaeng. Kata kunci: penelitian tindakan kelas, kemampuan membaca, model NURS.