Pengembangan Perilaku Keterampilan Sosial Anak
Main Author: | Rusmayadi, Rusmayadi |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/18529/1/prosiding%20administrasi%20pendidikan.pdf http://eprints.unm.ac.id/18529/2/peer%20reviewer%20Prosiding%20Pengembangan%20perilaku%20keterampilan%20sosial%20anak.pdf http://eprints.unm.ac.id/18529/ https://ojs.unm.ac.id/semapfip |
Daftar Isi:
- Abstrak Keterampilan sosial merupakan salah satu kemampuan yang harus dimiliki sejak dini agar individu tersebut mampu menghadapi problema hidup dalam kaitannya sebagai makhluk sosial yang selalu terus menerus berinteraksi. Keterampilan sosial merupakan pengetahuan tentang perilaku manusia dan proses antarpribadi, kemampuan memahami perasaan, sikap, motivasi orang lain tentang apa yang dikatakan dan dilakukannnya, dan kemampuan untuk berkomunikasi dengan jelas dan efektif serta kemampuan membangun hubungan yang efektif dan kooperatif. Anak yang memiliki keterampilan sosial akan lebih efektif karena ia mampu memilih dan melakukan perilaku yang tepat sesuai dengan tuntutan lingkungan. Seorang anak dikatakan memiliki keterampilan sosial yang tinggi apabila ia dapat berkomunikasi dengan baik sesuai aturan (tatacara) dengan sesamanya didalam sebuah kelompok.