PENGARUH MINAT BELAJAR DAN MOTIVASI BERPRESTASI TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PADA PESERTA DIDIK SMA NEGERI SE-KOTA MAKASSAR
Main Authors: | Muhajirin, Muhajirin, Arsyad, Muhammad, Tawil, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/18351/1/ARTIKEL%20TESIS%20MUHAJIRIN%20pdf.pdf http://eprints.unm.ac.id/18351/ |
Daftar Isi:
- : Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk menganalisis (1) pengaruh langsung minat belajar terhadap hasil belajar fisika; (2) pengaruh langsung minat belajar terhadap motivasi berprestasi; (3) pengaruh langsung motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika; (4) pengaruh tidak langsung minat belajar terhadap hasil belajar fisika melalui motivasi berprestasi. Dengan jenis penelitian expost-facto. Populasi seluruh peserta didik kelas X IPA SMA Negeri se-Kota Makassar Tahun Pelajaran 2019/2020, terdiri atas 22 sekolah dengan jumlah keseluruhan peserta didik 6591 orang, teknik pengambilan sampel Multi stage area random sampling dan terpilih 4 sekolah, yaitu SMA Negeri 1 Makassar, SMA Negeri 2 Makassar, SMA Negeri 10 Makassar, SMA Negeri 21 Makassar. Berdasarkan hasil analisis deskriptif bahwa skor rata-rata minat belajar dan motivasi berprestasi masing-masing berada pada kategori tinggi sedangkan hasil belajar fisika berada pada kategori sedang. Analisis inferensial menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar fisika; minat belajar terhadap motivasi berprestasi; motivasi berprestasi terhadap hasil belajar fisika; minat belajar terhadap hasil belajar fisika melalui motivasi berprestasi. Oleh karena itu, berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa minat belajar dan motivasi berprestasi memberikan kontribusi positif terhadap hasil belajar fisika. Kata kunci : Minat Belajar, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar Fisika.