ANALISIS PERMASALAHAN PENDIDIKAN ANAK BERBAKAT DI KELAS AKSELERASI SMA Y MAKASSAR

Main Author: Puspita Dewi, Eva Meizara
Format: Proceeding PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18280/1/PROSIDING%20ANALISIS%20PERMASALAHAN%20PENDIDIKAN%20ANAK%20BERBAKAT%20DI%20KELAS.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18280/2/Peer%20Reviw%20Analisis%20Permasalahan%20Anak%20berbakat%20.....pdf
http://eprints.unm.ac.id/18280/
Daftar Isi:
  • Abstrak Tujuan penelitian ini adalah menganalisis permasalahan pelaksanaan pendidikan akselerasi dari sudut pandang sekolah dan guru, anak berbakat dan orangtuanya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan teknik pengumpulan data adalah wawancara pada 25 oranf yakni (manager akselerasi, 4 guru pengajar aksel, 12 siswa aksel dan 10 orangtua siswa aksel). Observasi juga digunakan baik dalam sekolah maupun rumah siswa. Dokumentasi berupa hasil psikotes, rapor dan penghargaan prestasi para siswa berbakat. Adapun hasil dari analisis dan pembalasannya adalah : cukup banyak permasalahan yang ada dalam pelaksanaan akselerasi sehingga kemampuan anak berbakat tidak berkembang secara optimal. Permasalahn yang bersumber dari sekolah yang berdampak langsung pada siswa, yakni kemampuan dan sikap guru dalam mengajar. Selain itu, tidak adanya deteksi bakat khusus siswa baik bidang akademik dan non akademik beserta fasilitasnya. Adapun permasalahan yang ditimbulkan dari sekolah dan orangtua yang berdampak pada siswa aksel yakni agar fokus pada pelajaran sekolah saja sehingga membatasi segala aktifitas anak. Dampaknya cukup banyak terutama dalam perkembangan kepribadian siswa dalam hal kemampuan interaksi dengan orang lain dan kesempatan dalam pengembangan diri. Disisi lain ada permasalahan yang ditimbulkan oleh sekolah yang berdampak langsung pada siswa aksel dan ada juga pada orangtua, yakni masalah fasilitas pembelajaran yang kurang optimal di kelas aksel sehingga orangtua harus kembali memenuhi kebutuhan anaknya untuk pembelajaran disekolah