KEEFEKTIVAN MEDIA PERMAINAN TEKA TEKI SILANG DALAM PENGUASAAN KOSAKATA BAHASA JERMAN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 8 MAKASSAR

Main Author: Nenggani, Yunisa Setia
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18276/1/ARTIKEL%20YUNISA%209920.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18276/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Yunisa Setia Nenggani, 2020. Keefektivan Media Permainan Teka Teki Silang dalam Penguasaan Kosakata Bahasa Jerman Siswa Kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Skripsi. Jurusan Pendidikan bahasa Asing, program Studi Pendidikan bahasa Jerman Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar (dibimbing oleh Wahyu Kurniati Asri dan Syamsu Rijal). Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh data dan informasi mengenai penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa dengan menggunakan media Teka Teki Silang. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang menggunakan tes penguasaan kosakata bahasa Jerman. Data dianalisis dengan uji-t. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar yang terdiri atas 3 kelas. Sampel yang digunakan adalah sampel acak (Random Sampling). Jumlah sampel adalah 2 kelas yakni kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen yang terdiri atas 30 siswa dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas kontrol yang terdiri atas 30 siswa. Hasil analisis data menunjukkan th 4,41> tt 2,002 pada taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media Teka Teki Silang efektif dalam penguasaan kosakata bahasa Jerman siswa kelas XI SMA Negeri 8 Makassar. Kata Kunci : Efektivitas, Media Pembelajaran Teka Teki Silang, Penguasaan Kosakata, Bahasa Jerman.