Daftar Isi:
  • Rantai pemasaran telur ikan terbang yang panjang menyebabkan margin pemasaran menjadi besar sehingga pemasaran tidak efisien atau mekanisme pasar yang bersaing tidak sempurna. Penelitian yang dilakukan di wilayah pesisir pantai Barat Kecamatan Kalmas Kabupaten Pangkep bertujuan menganalisis pengaruh volume dan saluran pemasaran terhadap margin pemasaran telur ikan terbang segar. Penelitian ini bersumber dari data primer dengan menggunakan data berdasarkan dimensi waktu, yaitu cross-section Tahun 2016 dengan responden sebanyak 124 nelayan telur ikan terbang di Kabupaten Pangkep yang pilih dilakukan secara Sensus, sedangkan perantara 29 (pedagang pengumpul dan pengecer) dengan snowball sampling. Metode analisis yang digunakan estimasi dengan persamaan regresi non linear. Hasil penelitian menemukan bahwa distribusi saluran pemasaran telur ikan terbang segar di Kabupaten Pangkep terdiri dari 3 (tiga) saluran pemasaran dengan 3 (dua) lembaga pemasaran, yaitu pengecer, pengumpul, pedagang besar pengecer sehingga pemasarannya tidak efisien. Selanjutnya margin pemasaran telur ikan terbang dipengaruhi secara positif dan signifikan oleh volume pemasaran dan saluran pemasaran I dan II