STRATEGI PERSUASIF DALAM BROSUR PENERIMAAN MAHASISWA BARU PERGURUAN TINGGI SWASTA LINGKUP LLDIKTI IX DI MAKASSAR

Main Author: Muhridha, Andi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/18147/1/ARTIKEL.pdf
http://eprints.unm.ac.id/18147/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk (1) mendeskripsikan strategi persuasif yang digunakan dalam brosur penerimaan mahasiswa perguruan tinggi swasta lingkup LLDikti IX di Makassar ditinjau dari unsur rasionalisasi (2) mendeskripsikan strategi persuasif yang digunakan dalam brosur penerimaan mahasiswa perguruan tinggi swasta lingkup LLDikti IX di Makassar ditinjau dari unsur sugestif (3) mendeskripsikan strategi persuasif yang digunakan dalam brosur penerimaan mahasiswa perguruan tinggi swasta lingkup LLDikti IX di Makassar ditinjau dari unsur identifikasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kalimat atau pernyataan yang terdapat dalam brosur penerimaan mahasiswa baru yang mengandung unsur rasionalisasi, sugesti, dan identifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) strategi persuasif yang ditinjau dari unsur rasionalisasi berupa argumen atau fakta yang memberikan manfaat dan hasil yang akan didapatkan setelah penggunaan jasa tersebut (2) strategi persuasif yang ditinjau dari unsur sugestif yaitu kutipan disertai suatu dasar tanpa kepercayaan yang logis (3) strategi persuasif yang ditinjau dari unsur identifikasi yaitu terdapat moto perguruan tinggi yang dicantumkan dalam brosur atau pembentuk citra.