HUBUNGAN KONSEP DIRI DAN KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS XI MIPA SMA NEGERI DI KABUPATEN SOPPENG

Main Author: Nonci, Nur Ningsih
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17823/1/4.%20ARTIKEL%20NUR%20NINGSIH%20NONCI.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17823/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan konsep diri dan kecerdasan emosional dengan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. Jenis penelitian adalah ex-post facto. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng tahun pelajaran 2019/2020. Pengambilan sampel melalui teknik cluster random sampling sehingga diperoleh 204 sampel. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah konsep diri dan kecerdasan emosional, sedangkan variabel terikatnya adalah motivasi belajar dan hasil belajar. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen berupa kuesioner dan dokumentasi hasil belajar. Teknik analisis data yaitu dengan uji korelasi dan uji regresi. Berdasarkan hasil analisis statistik inferensial diperoleh nilai Sig sebesar 0,000 lebih kecil dari α = 0,05. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konsep diri dan kecerdasan emosional secara bersama-sama mempunyai hubungan yang positif dan signifikan dengan motivasi dan hasil belajar biologi peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri di Kabupaten Soppeng. Kata Kunci: konsep diri, kecerdasan emosional, motivasi belajar, hasil belajar