PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR
Main Authors: | Syahir, Indah Purnama, Lu’mu, Lu’mu, Djawad, Yasser A. |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/17814/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/17814/2/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/17814/ |
ctrlnum |
17814 |
---|---|
fullrecord |
<?xml version="1.0"?>
<dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/17814/</relation><title>PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA
PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI
10 MAKASSAR</title><creator>Syahir, Indah Purnama</creator><creator>Lu’mu, Lu’mu</creator><creator>Djawad, Yasser A.</creator><subject>Pendidikan Teknik Elektronika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pengembangkan media pembelajaran berbasis E-Learning
dengan menggunakan aplikasi Kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (2)
Kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler berbasis ELearning dengan menggunakan aplikasi Kelase di SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini
menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan untuk
pengembangan suatu produk. Mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE. Adanpun hasil tahap
pengembangan media pembelajaran dan uji kelayakan media yaitu pada hasil validasi Ahli Media 1
mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 94% maka dapat
dinyatakan dalam kategori “Sangat Layak”. Pada hasil validasi Ahli Media 2 mendapatkan rata-rata skor
presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat
Layak”. Pada hasil respon Guru mata pelajaran mikroprosesor dan mikrontroler mendapatkan rata-rata
skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 92% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat
Layak”. Pada hasil respon oleh Siswa Kelompok One to One mendapatkan rata-rata skor presentase
penilaian dari keempat aspek sebesar 97 maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada
hasil respon oleh Siswa Kelompok Kecil mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat
aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. dan Pada hasil Respon oleh
Siswa Kelompok Besar mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar
97% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”, Sehingga media pembelajaran berbasis Elearning dengan menggunakan aplikasi Kelase dinyatakan dapat dipergunakan sebagai media
pembelajaran dan dikatakan Sangat Layak dilanjutkan pada tahap penelitian selanjutnya. Saran untuk
penelitian selanjutnya yaitu untuk melakukan tahap penelitian selanjutnya terhadap media pembelajaran
menggunakan aplikasi kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler yang belum
dilakukan penulis pada penelitian ini dan untuk memperkuat hasil penelitian ini peneliti menyarankan
untuk memakai simbol matematika ≥ 61- 80% dan ≥ 81-100% sebagai syarat kelayakan produk.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Kelase, Mikroprosesor dan Mikrokontroler</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/17814/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/17814/2/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf</identifier><identifier> Syahir, Indah Purnama and Lu’mu, Lu’mu and Djawad, Yasser A. (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>17814</recordID></dc>
|
language |
eng |
format |
Thesis:Thesis Thesis PeerReview:NonPeerReviewed PeerReview Book:Book Book |
author |
Syahir, Indah Purnama Lu’mu, Lu’mu Djawad, Yasser A. |
title |
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA
PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI
10 MAKASSAR |
publishDate |
2020 |
topic |
Pendidikan Teknik Elektronika |
url |
http://eprints.unm.ac.id/17814/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/17814/2/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf http://eprints.unm.ac.id/17814/ |
contents |
Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pengembangkan media pembelajaran berbasis E-Learning
dengan menggunakan aplikasi Kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (2)
Kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler berbasis ELearning dengan menggunakan aplikasi Kelase di SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini
menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan untuk
pengembangan suatu produk. Mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE. Adanpun hasil tahap
pengembangan media pembelajaran dan uji kelayakan media yaitu pada hasil validasi Ahli Media 1
mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 94% maka dapat
dinyatakan dalam kategori “Sangat Layak”. Pada hasil validasi Ahli Media 2 mendapatkan rata-rata skor
presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat
Layak”. Pada hasil respon Guru mata pelajaran mikroprosesor dan mikrontroler mendapatkan rata-rata
skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 92% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat
Layak”. Pada hasil respon oleh Siswa Kelompok One to One mendapatkan rata-rata skor presentase
penilaian dari keempat aspek sebesar 97 maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada
hasil respon oleh Siswa Kelompok Kecil mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat
aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. dan Pada hasil Respon oleh
Siswa Kelompok Besar mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar
97% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”, Sehingga media pembelajaran berbasis Elearning dengan menggunakan aplikasi Kelase dinyatakan dapat dipergunakan sebagai media
pembelajaran dan dikatakan Sangat Layak dilanjutkan pada tahap penelitian selanjutnya. Saran untuk
penelitian selanjutnya yaitu untuk melakukan tahap penelitian selanjutnya terhadap media pembelajaran
menggunakan aplikasi kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler yang belum
dilakukan penulis pada penelitian ini dan untuk memperkuat hasil penelitian ini peneliti menyarankan
untuk memakai simbol matematika ≥ 61- 80% dan ≥ 81-100% sebagai syarat kelayakan produk.
Kata kunci : Media Pembelajaran, Kelase, Mikroprosesor dan Mikrokontroler |
id |
IOS3399.17814 |
institution |
Universitas Negeri Makassar |
institution_id |
55 |
institution_type |
library:university library |
library |
Perpustakaan Universitas Negeri Makassar |
library_id |
562 |
collection |
Eprints Universitas Negeri Makassar |
repository_id |
3399 |
subject_area |
Karya Umum Rekayasa |
city |
KOTA MAKASSAR |
province |
SULAWESI SELATAN |
repoId |
IOS3399 |
first_indexed |
2020-08-01T21:44:59Z |
last_indexed |
2020-08-01T21:44:59Z |
recordtype |
dc |
_version_ |
1764483838196580352 |
score |
17.538404 |