PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Main Authors: Syahir, Indah Purnama, Lu’mu, Lu’mu, Djawad, Yasser A.
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17814/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17814/2/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17814/
ctrlnum 17814
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/17814/</relation><title>PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA&#xD; PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI&#xD; 10 MAKASSAR</title><creator>Syahir, Indah Purnama</creator><creator>Lu&#x2019;mu, Lu&#x2019;mu</creator><creator>Djawad, Yasser A.</creator><subject>Pendidikan Teknik Elektronika</subject><description>Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pengembangkan media pembelajaran berbasis E-Learning&#xD; dengan menggunakan aplikasi Kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (2)&#xD; Kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler berbasis ELearning dengan menggunakan aplikasi Kelase di SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini&#xD; menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan untuk&#xD; pengembangan suatu produk. Mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE. Adanpun hasil tahap&#xD; pengembangan media pembelajaran dan uji kelayakan media yaitu pada hasil validasi Ahli Media 1&#xD; mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 94% maka dapat&#xD; dinyatakan dalam kategori &#x201C;Sangat Layak&#x201D;. Pada hasil validasi Ahli Media 2 mendapatkan rata-rata skor&#xD; presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian &#x201C;Sangat&#xD; Layak&#x201D;. Pada hasil respon Guru mata pelajaran mikroprosesor dan mikrontroler mendapatkan rata-rata&#xD; skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 92% maka dapat dinyatakan dalam bagian &#x201C;Sangat&#xD; Layak&#x201D;. Pada hasil respon oleh Siswa Kelompok One to One mendapatkan rata-rata skor presentase&#xD; penilaian dari keempat aspek sebesar 97 maka dapat dinyatakan dalam bagian &#x201C;Sangat Layak&#x201D;. Pada&#xD; hasil respon oleh Siswa Kelompok Kecil mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat&#xD; aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian &#x201C;Sangat Layak&#x201D;. dan Pada hasil Respon oleh&#xD; Siswa Kelompok Besar mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar&#xD; 97% maka dapat dinyatakan dalam bagian &#x201C;Sangat Layak&#x201D;, Sehingga media pembelajaran berbasis Elearning dengan menggunakan aplikasi Kelase dinyatakan dapat dipergunakan sebagai media&#xD; pembelajaran dan dikatakan Sangat Layak dilanjutkan pada tahap penelitian selanjutnya. Saran untuk&#xD; penelitian selanjutnya yaitu untuk melakukan tahap penelitian selanjutnya terhadap media pembelajaran&#xD; menggunakan aplikasi kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler yang belum&#xD; dilakukan penulis pada penelitian ini dan untuk memperkuat hasil penelitian ini peneliti menyarankan&#xD; untuk memakai simbol matematika &#x2265; 61- 80% dan &#x2265; 81-100% sebagai syarat kelayakan produk.&#xD; Kata kunci : Media Pembelajaran, Kelase, Mikroprosesor dan Mikrokontroler</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/17814/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf</identifier><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/17814/2/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf</identifier><identifier> Syahir, Indah Purnama and Lu&#x2019;mu, Lu&#x2019;mu and Djawad, Yasser A. (2020) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. </identifier><recordID>17814</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Syahir, Indah Purnama
Lu’mu, Lu’mu
Djawad, Yasser A.
title PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MATA PELAJARAN MIKROPROSESOR DAN MIKROKONTROLER DI SMK NEGERI 10 MAKASSAR
publishDate 2020
topic Pendidikan Teknik Elektronika
url http://eprints.unm.ac.id/17814/1/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17814/2/ARTIKEL%20PENELITIAN.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17814/
contents Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Pengembangkan media pembelajaran berbasis E-Learning dengan menggunakan aplikasi Kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler. (2) Kelayakan media pembelajaran pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler berbasis ELearning dengan menggunakan aplikasi Kelase di SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan yang memiliki tujuan untuk menghasilkan dan untuk pengembangan suatu produk. Mengacu pada prosedur pengembangan ADDIE. Adanpun hasil tahap pengembangan media pembelajaran dan uji kelayakan media yaitu pada hasil validasi Ahli Media 1 mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 94% maka dapat dinyatakan dalam kategori “Sangat Layak”. Pada hasil validasi Ahli Media 2 mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada hasil respon Guru mata pelajaran mikroprosesor dan mikrontroler mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 92% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada hasil respon oleh Siswa Kelompok One to One mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 97 maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. Pada hasil respon oleh Siswa Kelompok Kecil mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 91% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”. dan Pada hasil Respon oleh Siswa Kelompok Besar mendapatkan rata-rata skor presentase penilaian dari keempat aspek sebesar 97% maka dapat dinyatakan dalam bagian “Sangat Layak”, Sehingga media pembelajaran berbasis Elearning dengan menggunakan aplikasi Kelase dinyatakan dapat dipergunakan sebagai media pembelajaran dan dikatakan Sangat Layak dilanjutkan pada tahap penelitian selanjutnya. Saran untuk penelitian selanjutnya yaitu untuk melakukan tahap penelitian selanjutnya terhadap media pembelajaran menggunakan aplikasi kelase pada mata pelajaran Mikroprosesor dan Mikrokontroler yang belum dilakukan penulis pada penelitian ini dan untuk memperkuat hasil penelitian ini peneliti menyarankan untuk memakai simbol matematika ≥ 61- 80% dan ≥ 81-100% sebagai syarat kelayakan produk. Kata kunci : Media Pembelajaran, Kelase, Mikroprosesor dan Mikrokontroler
id IOS3399.17814
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2020-08-01T21:44:59Z
last_indexed 2020-08-01T21:44:59Z
recordtype dc
_version_ 1764483838196580352
score 17.538404