PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI 48 PAREPARE
Main Author: | Djabba, Rasmi |
---|---|
Format: | Article PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Bosowa Makassar
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/17807/1/jurnal%20klasikal%20ibu%20rasmi.pdf http://eprints.unm.ac.id/17807/2/peer%20reviewer%20jurnal%20klasikal%20bu%20rasmi.pdf http://eprints.unm.ac.id/17807/ http://journalfkipuniversitasbosowa.org/index.php/klasikal/article/view/48 |
Daftar Isi:
- Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif jigsaw untuk meningkatkan efektivitas dan hasil belajar sains siswa kelas V SDN 48 parepare. Tujuan yang ingin dicapai adalah untuk menentukan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw untuk meningkatkan efektifitas dan hasil belajar sains siswa kelas V SDN 48 Parepare. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keefektifan dan peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw meningkatkan efektivitas dan hasil belajar siswa pada kelas IPA mengajar di SDN 48 Siapkan.