Pembelajaran Inovatif Mata kuliah Konstruksi Bangunan II Menggunakan Model Project Based Learning di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan UNM
Main Author: | Sampebua, Onesimus |
---|---|
Format: | Proceeding PeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/17745/1/Pembelajaran%20Inovatif%20Mata%20kuliah%20konstruksi%20Bangunan%20II.pdf http://eprints.unm.ac.id/17745/2/Peer%20Riview%20Prosiding%20Nasional%20-%20Pembelajaran%20Inovatif%20Mata%20kuliah%20konstruksi%20Bangunan%20II.pdf http://eprints.unm.ac.id/17745/ |
Daftar Isi:
- Abstrak.Proses pembelajaran Konstruksi Bangunan II pada jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNM mengalami banyak masalah terutama masalah yang dialami dosen pada saat mengajarkan desain gambar bangunan menggunakan program aplikasi AutoCAD 2010. Salah satu kendala yang dihadapi dalam mata kuliah Konstruksi Bangunan II adalah tidak standarnya konsep dan gambar yang dibuat oleh mahasiswa dengan situasi yang ada di kondisi aktual. Ini dikarenakan kurangnya kemampuan mahasiswa dalam memahami desain bangunan menggunakan program AutoCAD 2010. Mahasiswa tidak termotivasi dengan model pembelajaran yang berpusat pada dosen sehingga mahasiswa jenuh dalam proses belajar. Sehingga diperlukan solusi pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa mampu belajar lebih aktif untuk meningkatkan kompetensi lulusan mahasiswa yang dapat bersaing pada dunia kerja. Kompetensi yang dimaksudkan adalah agar mahasiswa mampu merencanakan bangunan gedung berlantai 2. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan model pembelajaran yang pada awalnya hanya berupa teori dari dosen menjadi metode pembelajaran berbasis proyek sehingga diharapkan selain agar hasil gambar mahasiswa sesuai dengan bangunan aktual dilapangan tentunya juga meningkatkan motivasi belajar mahasiswa agar lebih aktif. Pembelajaran berbasis proyek merupakan metode belajar yang menggunakan masalah sebagai langkah awal dalam mengumpulkan dan mengintegrasikan pengetahuan baru dengan berdasarkan pengalamannya dalam beraktifitas secara nyata. Pembelajaran berbasis proyek dapat dipandang sebagai pembelajaran yang dapat mendorong peserta didik membangun pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman langsung membuat gambar desain bangunan rumah menggunakan AutoCAD. Hasil penelitian ini adalah pembelajaran inovatif model project based learning terbukti dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan keterampilan mahasiswa pada mata kuliah Konstruksi Bangunan II melalui pemberian tugas perencanaan gambar bagunan rumah dengan berpedoman pada kondisi bangunan aktual di lapangan. Mahasiswa dapat mengkonstruksi pengalaman dan kemampuan untuk mendesain gambar rumah menggunakan program AutoCAD 2010.