PERSEPSI DAN PARTISIPASI SISWA LAKI-LAKI KELAS VIII DALAM PEMBELAJARAN SENI TARI DI SMP NEGERI 8 PINRANG

Main Author: Junaeda, Junaeda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17711/1/Naskah%20Jurnal%20-%20PDF%20-%20Junaeda%20-%201782044002.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17711/
Daftar Isi:
  • Abstrak. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan Persepsi siswa laki-laki kelas VIII tentang pembelajaran seni tari dan (2) untuk mendeskripsikan partisipasi siswa laki-laki kelas VIII dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 8 Pinrang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Variabel yang digunakan yaitu (1) Persepsi siswa laki-laki kelas VIII tentang pembelajaran seni tari di SMP Negeri 8 Pinrang dan (2) Partisipasi siswa laki-laki dalam pembelajaran seni tari di SMP Negeri 8 Pinrang. Subjek penelitian adalah siswa laki-laki kelas VIII berjumlah 26 orang siswa. Pengumpulan data melalui angket, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil penelitian (1) Persepsi menunjukkan bahwa sebanyak 3 orang siswa laki-laki yaitu 11.5% memiliki persepsi negatif tentang pembelajaran seni tari, 19 orang siswa laki-laki yaitu sebanyak 73.1% memiliki persepsi cukup positif tentang pembelajaran seni tari, dan sebanyak 4 orang siswa laki-laki yaitu 15.3% memiliki persepsi positif tentang pembelajaran seni tari, (2) Partisipasi siswa laki yang pada pengamatan pada tari yang feminin (tari Pakarena) kurang aktif ternyata berubah menjadi lebih positif ketika diberi praktek tari yang lebih maskulin (tari Boda). Keywords: Persepsi; SMP; Tari; Lakilaki; Pinrang.