TINGKAT KETERBACAAN BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KURIKULUM 2013 SISWA KELAS VIII SMPN 24 TOMPOBULU KABUPATEN MAROS (ANALISIS FAKTOR GENDER

Main Author: Yasinta, Iin Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17493/1/IIN%20NUR%20YASINTA%201651041014.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17493/
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Iin Nur Yasinta, 2020. “Tingkat Keterbacaan Buku Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 Siswa Kelas VIII SMPN 24 Tompobulu Kabupaten Maros (Analisis Faktor Gender)”. Skripsi, Jurusan Bahasa dan Sastra Indonesia, Fakultas Bahasa dan Sastra, Universitas Negeri Makassar, (dibimbing oleh Muhammad Saleh dan Usman). Tujuan penelitian adalah untuk: (1) mendeskripsikan keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada siswa laki-laki kelas VIII SMPN 24 Tompobulu Kabupaten Maros; (2) mendeskripsikan keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada siswa perempuan kelas VIII SMPN 24 Tompobulu Kabupaten Maros; (3) mendeskripsikan perbedaan keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII SMPN 24 Tompobulu Kabupaten Maros. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa Kelas VII-IX SMP Negeri 24 Tompobulu Kabupaten Maros yang berjumlah 183. Adapun sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 62 siswa. Siswa laki-laki sebanyak 25 orang dan siswa perempuan sebanyak 33. Penentuan sampel dilakukan dengan teknik total sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah tes berbentuk tes cloze/rumpang. Data penelitian ini dianalisis menggunakan analisis statistik independent sample t-test. Hasil penelitian tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada siswa laki-laki kelas VIII SMPN 24 Tompobulu Kabupaten Maros dikategorikan sulit atau rendah (frustation) pada semua teks yang diujikan, dengan persentase responden pada teks eksposisi (88.9%), teks eksplanasi (77.8%), teks ulasan (100%), teks persuasif (95.6%), dan teks nonfiksi (95.24%). Tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada siswa perempuan kelas VIII SMPN 24 Tompobulu Kabupaten Maros dikategorikan sulit atau rendah (frustation) pada semua teks yang diujikan, dengan persentase responden pad teks eksposisi (56.3%), teks eksplanasi (59.4%), teks ulasan (88.23%), teks persuasif (64.7%), dan teks nonfiksi (86.2%). Berdasarkan hasil uji statistik diperoleh nilai signifikansi teks ulasan 0,015, teks persuasif dengan nilai signifikansi 0,004, dan teks nonfiksi dengan nilai signifikansi 0,005. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan tingkat keterbacaan buku teks Bahasa Indonesia Kurikulum 2013 pada siswa laki-laki dan perempuan kelas VIII SMPN 24 Tompobulu Kabupaten Maros pada teks ulasan, teks persuasif, dan teks nonfiksi. Adapun teks yang tidak memiliki perbedaan signifikan, yaitu teks eksposisi dan teks eksplanasi. Kata Kunci: Keterbacaan, buku teks, gender