EXPLORING STUDENTS’ SELF-EFFICACY IN SPEAKING PERFORMANCE IN INDONESIAN EFL CLASSROOM
Main Author: | Alimuddin, Nur Aulia Amalia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2020
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/17451/1/JURNAL.pdf http://eprints.unm.ac.id/17451/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tingkat efikasi diri siswa dalam kemampuan berbicara, mengidentifikasi faktor yang mempengaruhi efikasi diri siswa dalam kemampuan berbicara, dan mengeksplor dampak dari faktor tersebut dalam kemampuan berbicara siswa pada kelas EFL. Peneliti menerapkan metode penelitian kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah 6 siswa kelas sepuluh MIPA 6 dari SMAN 22 Makassar. Penelitian ini menggunakan desain penelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan tiga instrumen, yaitu kuesioner, panduan wawancara, dan lembar observasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) mayoritas efikasi diri siswa berada pada tingkat menengah. (2) Faktor yang mempengaruhi efikasi diri siswa dalam kemampuan berbicara adalah kompleksitas tugas, psikologis, lingkungan, suasana, hadirin yang familiar, persiapan, intensif eksternal, dan informasi mengenai kemampuan diri. (3) Dampak dari faktor yang mempengaruhi efikasi diri siswa dalam kemampuan berbicara adalah kurang percaya diri, cemas, gugup, kurang fokus, santai, dan kepercayaan diri tinggi. Kata Kunci: Efikasi diri, kemampuan berbicara