PELATIHAN PENULISAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS BAGI GURU

Main Authors: RAHMATULLAH, RAHMATULLAH, Inanna, Inanna
Format: Article PeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: Pusat Pengembangan Publikasi dan Hak Kekayaan Intelektual Universitas Muhammadiyah Parepare , 2019
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17408/1/PELATIHAN%20PENULISAN%20PENELITIAN%20TINDAKAN%20KELAS%20BAGI%20GURU_%20JDM%202019.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17408/2/peer%20reviewer%20jurnal%20dedikasi%20masyarakat%20vol.%203%20no.1%2C%20okt%202019.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17408/
https://jurnalpertanianumpar.com/index.php/jdm/article/view/448
Daftar Isi:
  • ABSTRAK Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada guru akan pent-ingnya penelitian tindakan kelas, sebagai upaya perbaikan proses dan kualitas pembela-jaran di sekolah. Kegiatan ini dilakukan dalam bentuk pelatihan penulisan penelitian tin-dakan kelas (PTK) yang berlangsung selama 2 (dua) hari mulai tanggal 29-30 september 2017. Materi yang disampaikan terdiri dari 2 (dua) tema pokok yaitu konsep dasar penelitian tindakan kelas dan latihan praktis penulisan penelitian tindakan kelas. Jumlah peserta yang mengikuti pelatihan sebanyak 29 orang guru. Metode penyampian materi pelatihan terdiri dari metode ceramah, tanya jawab, diskusi dan drill. Hasil Pelatihan menunjukkan bahwa pemahaman dan penguasaan materi tentang PTK bagi peserta mengalami peningkatan setelah mengikuti pelatihan dibanding sebelumnya. Selain itu, peserta pelatihan sudah memiliki keterampilan dan kemampuan membuat Proposal Penelitian Tindakan Kelas (PTK) serta motivasi yang tinggi dalam mengikuti kegiatan pelatihan. Kata kunci: kualitas pembelajaran; penelitian tindakan kelas; pelatihan