ANALISIS KEMAMPUAN TIK DAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU SMK DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Main Author: Jurhanah, Jurhanah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17395/1/JURNAL%20TESIS%20JURHANAH%20181052006001.pdf
http://eprints.unm.ac.id/17395/
Daftar Isi:
  • Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendiskripsikan pemahaman TIK, (2) penggunaan TIK, (3) Kompetensi pedagogik Guru SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti,. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif dengan jenis penelitian survei. Populasi pada penelitian ini semua Guru SMK Program Keahlian Teknologi Konstruksi dan Properti di SMKN 2 Makassar, SMKN 4 Gowa, SMKN 2 Maros, SMKN 5 Pinrang, SMKN 6 Wajo dan SMKN 1 Luwu Utara. Sampel penelitian ini diambil secara random sebanyak 98 orang guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman TIK berada pada kategori baik, dimana guru produktif lebih baik dari pada guru non produktif, penggunaan TIK berada pada kategori baik, dimana guru produktif lebih baik dari pada guru non produktif, kompetensi pedagogik berada pada kategori sangat baik, guru non produktif lebih baik dari pada guru produktif. Kata kunci: Pemahaman TIK, Penggunaan TIK, Kompetensi Pedagogik, Guru, Teknologi Konstruksi dan Properti.