PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR

Main Author: Nakhdawati Ahmad, Ayu
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: eng
Terbitan: , 2020
Subjects:
Online Access: http://eprints.unm.ac.id/17360/1/AYU%20NAKHDAWATI%20AHMAD_1592042002_PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/17360/
ctrlnum 17360
fullrecord <?xml version="1.0"?> <dc schemaLocation="http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc/ http://www.openarchives.org/OAI/2.0/oai_dc.xsd"><relation>http://eprints.unm.ac.id/17360/</relation><title>PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR</title><creator>Nakhdawati Ahmad, Ayu</creator><subject>Pendidikan Akuntansi</subject><description>ABSTRAK&#xD; Ayu Nakhdawati Ahmad, 2020. Pengaruh Minat dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Sahade, S.Pd, M.Pd dan M. Ridwan Tikollah, S.Pd, M.SA).&#xD; &#xD; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh antara minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar secara simultan pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. (2) pengaruh antara minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar secara parsial pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. (3) Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi program keahlianakuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah minat sebagai variabel bebas pertama (X1) disiplin belajar sebagai variabel bebas kedua (X2) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar yang berjumlah 319 siswa, teknik pengambilan sampel random sampling dan jumlah sampelnya adalah 76 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 25.&#xD; Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar akuntasi siswa dengan tingkat signifikan &lt;0,05 dan disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan tingkat signifikansi &lt;0,05. Minat dan disiplin belajar siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan tingkat signifikan &lt;0,05. Selain itu koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,410 (41%). Hal ini berarti bahwa pengaruh minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa adalah sebesar 41% sedangkan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor lain. Serta minat berpengaruh dominan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan koefisien determinasi 0,341 atau 34,1%.</description><date>2020</date><type>Thesis:Thesis</type><type>PeerReview:NonPeerReviewed</type><type>Book:Book</type><language>eng</language><identifier>http://eprints.unm.ac.id/17360/1/AYU%20NAKHDAWATI%20AHMAD_1592042002_PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.docx</identifier><identifier> Nakhdawati Ahmad, Ayu (2020) PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar. </identifier><recordID>17360</recordID></dc>
language eng
format Thesis:Thesis
Thesis
PeerReview:NonPeerReviewed
PeerReview
Book:Book
Book
author Nakhdawati Ahmad, Ayu
title PENGARUH MINAT DAN DISIPLIN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 MAKASSAR
publishDate 2020
isbn 9781592042005
topic Pendidikan Akuntansi
url http://eprints.unm.ac.id/17360/1/AYU%20NAKHDAWATI%20AHMAD_1592042002_PENDIDIKAN%20AKUNTANSI.docx
http://eprints.unm.ac.id/17360/
contents ABSTRAK Ayu Nakhdawati Ahmad, 2020. Pengaruh Minat dan Disiplin Belajar terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akuntansi Program Keahlian Akuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Skripsi. Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. (Pembimbing: Sahade, S.Pd, M.Pd dan M. Ridwan Tikollah, S.Pd, M.SA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) pengaruh antara minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar secara simultan pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. (2) pengaruh antara minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar secara parsial pada mata pelajaran akuntansi program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar. (3) Variabel yang pengaruhnya dominan terhadap hasil belajar pada mata pelajaran akuntansi program keahlianakuntansi SMK Negeri 4 Makassar. Variabel dalam penelitian ini adalah minat sebagai variabel bebas pertama (X1) disiplin belajar sebagai variabel bebas kedua (X2) dan hasil belajar sebagai variabel terikat (Y).Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa program keahlian akuntansi di SMK Negeri 4 Makassar yang berjumlah 319 siswa, teknik pengambilan sampel random sampling dan jumlah sampelnya adalah 76 siswa.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi dan kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif persentase, uji instrumen, uji asumsi klasik dan uji hipotesis dengan menggunakan program bantuan Statistical Package For Social Science (SPSS) Versi 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar akuntasi siswa dengan tingkat signifikan <0,05 dan disiplin belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan tingkat signifikansi <0,05. Minat dan disiplin belajar siswa secara simultan berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan tingkat signifikan <0,05. Selain itu koefisien determinasi (R2) yaitu sebesar 0,410 (41%). Hal ini berarti bahwa pengaruh minat dan disiplin belajar terhadap hasil belajar akuntansi siswa adalah sebesar 41% sedangkan sisanya 59% dipengaruhi oleh faktor lain. Serta minat berpengaruh dominan terhadap hasil belajar akuntansi siswa dengan koefisien determinasi 0,341 atau 34,1%.
id IOS3399.17360
institution Universitas Negeri Makassar
institution_id 55
institution_type library:university
library
library Perpustakaan Universitas Negeri Makassar
library_id 562
collection Eprints Universitas Negeri Makassar
repository_id 3399
subject_area Karya Umum
Rekayasa
city KOTA MAKASSAR
province SULAWESI SELATAN
repoId IOS3399
first_indexed 2020-03-21T18:29:13Z
last_indexed 2020-03-21T18:29:13Z
recordtype dc
_version_ 1764483837243424768
score 17.538404