Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Berbasis Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Makassar
Main Author: | Rahmasari, Sitti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | eng |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://eprints.unm.ac.id/1734/1/Sitti%20Rahmasari.%202015.doc http://eprints.unm.ac.id/1734/ |
Daftar Isi:
- ABSTRAK Sitti Rahmasari. 2015. Pengaruh Metode Pemecahan Masalah Berbasis Demonstrasi Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 1 Makassar. (DibimbingolehJasruddindan Muris) PenelitianiniadalahpenelitianQuasieksprimendengandesainpenelitiannonequivalent control group yang bertujuanuntukmendapatkanada tidaknya perbedaan hasil belajarfisikapesertadidik yang diajardenganmetode pemecahan masalah berbasis demonstrasidanpesertadidik yang diajardenganmetodepembelajarankonvensionalkelasX SMA Negeri 1 Makassartahunajaran 2014/2015. SubjekdalampenelitianiniterdiridariduakelasyaitupesertadidikkelasX MIA 7dankelas X MIA 8SMA Negeri 1 Makassardenganjumlahpesertadidiksebanyak 52 orang.Pengolahan data hasilpenelitianinimenggunakananalisisdeskriptifuntukmenggambarkankarakteristikhasilbelajarfisikapesertadidik, uji N-Gainuntukmengetahui peningkatanhasilbelajarfisikapesertadidikdananalisisinferensialuntukmengujihipotesispenelitian. Berdasarkananalisisdeskriptifmenunjukkanbahwasetelahditerapkanmetodepemecahanmasalahberbasisdemonstrasihasilbelajarfisikapesertadidiklebihtinggidibandingkanpesertadidik yang diajardenganmetodepembelajarankonvensional.HasilujiN-Gain menunjukkanbahwatingkathasilbelajarpadakeduakelasberadapadakategorisedang, tetapipersentasetingkat hasilbelajarpesertadidik yang diajardenganmetodepemecahanmasalahberbasisdemonstrasilebihbesardibandingkandenganpesertadidik yang diajardenganmetodepembelajarankonvensional.Analisisinferensialmenunjukkanbahwahasilujihipotesissatupihakdidapatkanbahwahasilbelajarfisikapesertadidik yang diajardenganmenggunakanmetodepemecahanmasalahberbasisdemonstrasilebihtinggisecarasignifikandibandingkandenganpesertadidik yang diajardenganmenggunakanmetodepembelajarankonvensionalpadakelasX SMA Negeri 1 Makassar. Kata Kunci :PemecahanMasalah, Demonstrasi, HasilBelajar, UjiNormalitas,Uji N-Gain.